Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan – Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Indonesia, Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

Buah ini juga dapat ditemui Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan antara dua ekor patung nagaberwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok antara warna naga-naga yang hijau.

Berikut Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan :

1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit

Kandungan antioksidan dalam jus buah naga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Studi dalam British Journal of Pharmacology menunjukkan bahwa mengonsumsi buah naga yang mengandung antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

2. Mencegah Anemia

Konsumsi buah naga merah secara rutin dapat mencegah tubuh dari anemia. Ini berkat kandungan zat besi yang ada. Zat besi merupakan jenis mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah. Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah akan terganggu dan Anda berisiko tinggi mengalami anemia. Dengan mengonsumsi buah naga merah, kebutuhan zat besi tubuh akan tetap terjaga.

3. Sumber Zat Besi

Manfaat buah naga yang luar biasa, salah satunya adalah sebagai sumber zat besi bagi tubuh. Seratus gram buah naga mengandung 1,9 miligram zat besi atau setara dengan 11 persen dari total kebutuhan harian orang dewasa. Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin itu sendiri berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel yang ada pada tubuh. Dengan kadar hemoglobin yang tercukupi, anemia tidak akan terjadi. Tak hanya itu, kandungan zat besi pada buah naga juga mampu menunjang tumbuh kembang dan meningkatkan kecerdasan si Kecil. Jadi, jangan ragu bila ingin memberikan buah naga pada anak Anda, ya!

4. Menyehatkan Usus

Kandungan prebiotik dalam buah naga dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Prebiotik adalah jenis serat yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus Anda. Menngkosumsi makanan yang mengandung prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan, diare, meredakan gejala penyakit radang usus dan kanker usus besar.

Baca Juga : Manfaat Dari Menjaga Kerukunan Dalam Keluarga

5. Mengandung Asam Lemak Yang Menyehatkan

Jus buah naga mengandung asam lemak yang menyehatkan pada bagian bijinya. Menurut penelitian di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, biji buah naga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 serta minyak alami yang baik untuk tubuh. Omega-3 bekerja baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak ini dapat mencegah detak jantung tidak teratur, mengurangi plak lemak di dalam dinding arteri, menurunkan pembekuan darah, menurunkan trigliserida (lemak darah), meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mengurangi peradangan.

6. Merangsang Pembentukan Kolagen

Kandungan vitamin C yang ada pada buah naga merah bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Dengan demikian, kelenturan dan kesehatan kulit akan tetap terjaga dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Tak hanya untuk kesehatan kulit, vitamin C pada buah naga merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Kaya Vitamin C

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Karena itulah, manfaat buah naga dapat menjadi sumber vitamin C yang baik. Faktanya, jumlah vitamin C dalam buah naga ternyata tiga kali lipat lebih banyak daripada yang ada pada wortel. Pada buah naga berukuran 100 gram terkandung 21 mg vitamin C, atau sebanding dengan 34 persen kebutuhan vitamin C harian orang dewasa, Vitamin C yang terkandung dalam buah naga, selain berfungsi untuk menjaga kebugaran, daya tahan tubuh, dan kesehatan kulit, juga dapat berperan untuk membantu penyerapan zat besi di dalam saluran cerna.

Related Posts

Manfaat Dari Buah Bacang

7 Manfaat Dari Buah Bacang

7 Manfaat Dari Buah Bacang – Bacang merupakan sejenis pohon buah yang masih sekerabat dengan mangga. Biasanya orang sering menyebut buahnya sebagai bacang atau mangga bacang. Berbagai…

7 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil – Kurma merupakan produk dari pohon palem kurma yang masuk dalam Arecaceae. Pohon kurma merupakan salah satu tanaman tertua yang masih…

7 Manfaat Dari Daun Salam Untuk Kesehataan Tubuh

7 Manfaat Dari Daun Salam Untuk Kesehataan Tubuh

7 Manfaat Dari Daun Salam Untuk Kesehataan Tubuh – Daun salam merupakan tanaman yang memiliki nama ilmiah Eugenia polyantha w. Daun salam banyak digunakan terutama untuk bahan…

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah – Merupakan senyawa kimia asam organik, sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan. Asam cuka memiliki rumus empiris C 2 H4…

Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Manfaat Es Batu Untuk Wajah – adalah bahan yang sering kali kita gunakan untuk berbagai keperluan. Es batu berasal dari air yang melalui proses pembekuan dalam kulkas…

5 Manfaat Yang di Dapatkan Mahluk Hidup Dari Matahari

5 Manfaat Yang di Dapatkan Mahluk Hidup Dari Matahari

5 Manfaat Yang di Dapatkan Mahluk Hidup Dari Matahari – Matahari merupakan sebuah bintang berbentuk bola pijar yang memiliki massa sangat besar dan menjadi pusat tata surya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.