Cewek Harus Tau Kenapa Harus Rutin Ganti Oli Mesin

Cewek Harus Tau Kenapa Harus Rutin Ganti Oli Mesin – Oli mesin adalah suatu zat yang mempunyai fungsi untuk dapat melumasi atau melindungi mesin akibat dari gesekan mesin itu sendiri. Jika di lihat di pasaran banyak sekali jenis dan macam oli mesin ini, tergantung dengan jenis penggunaan mesin yang biasanya harus di sesuaikan dengan spesifikasi mesin agar dapat menambah atau mengawetkan usia mesin.

Pada dasarnya oli mesin merupakkan bahan pelumas agar mesin dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Selain itu tugas oli mesin berfungsi sebagai pendingin dan penyekat antara satu bagian mesin dengan bagian mesin lainnya.

Jensi Oli Mesin

Ada beberapa jenis oli mesin yang dengan mudah kita temui di pasaran dengan berbagai fungsi dan kandungan yang berbeda tentunya. Pada umunya oli mesin di bagi menjadi dua yaitu oli mineral dan oli sintetsi.

1. Oli Sintetis

Merupakan generasi terbaru dari perkembangan jaman di mana oli sintetsi ini di peruntukan untuk dapat menggantikan oli mineral yang di anggap tidak lebih baik dari oli sintetis dari segi perlindungan terhadap suatu mesin. Oli ini di buat murni dari rekeyasa kimia. Di mana dari hasil rekayasa kimia ini membuat struktur molekul oli sintetis ini lebih baik dan lebih teratur.

2. Oli Mineral

Oli ini merupakan hasil bumi yang alami dan waktu pengerjaannya membutuhkan berbagai macam metode hingga akhirnya nanti dapat di gunakan. Salah satu perbedaan yang paling umum anatara oli mineral dan sintetis adalah dari tingkat kekentalannya atau viskosotasnya.

Manfaat Oli Mesin

1. Sebagai Pelumas

Fungsi umata dari oli mesin yaitu sebagai pelumas. Di mana oli mesin biasanya melindungi setiap komponen mesin yang dapat mencegah gesekan antar komponen satu dengan komponen lainnya. Contohnya seperti piston dengan dinding silinder pada mesin mobil dan mesin motor.

2. Menjaga Kebersihan Mesin

Oli mesin juga dapat menjaga kebersihan mesin kita. Di bagian ini oli beperan sebagai pengantar kotoran atau residu yang terjadi dari hasil gesekan komponen mesin sehingga tidak menumpuk pada bagian mesin. Biasanya oli yang bergerak ini akan menujut filter sehingga kotoran yang terbawa akan tetap tinggal dibagian filter.

3. Mendinginkan Mesin

Gesekan yang terjadi antar komponen mesin dapat membuat mesin itu sendiri menjadi panas. Selain menjadi cepat panas komponen yang saling bergesekanpun akan menjadi cepat meleleh. Oli mesin di sini berfungsi untuk mendinginkan komponen mesin tersebut, terutama di bagian piston dan silinder. Adanya oli mesin ini sangat signifikan untuk dapat menurukan suhu agar tidak terjadi overheat.

4. Menghindari Dari Karat

Gesekan yang sering terjadi dapat menimbukan panas yang belebih yang berakibat komponen akan lebih mudah berkarat. Selain dari panas karat juga bisa terjadi karena permukaan komponen terkena air dan udara secara langsung. Untuk itu penting bagi kita untuk mengganti oli mesin secara rutin untuk menghindari karat pada mesin.

5. Mencegah Kebocoran Gas Diruang Bakar

Oli mesin juga mempunyai fungsi sebagai komponen yang dapat membatu mencegah terjadinya kebocoran gas di ruang bakar. Contohnya ketika oli melumasi piston dan silinder, tugas oli mesin di sini sebagai perapat antara piston dan silinder agar keduanya tidak terjadi kebocoran gas di ruang atas maupun ruang bawah piston.

6. Menghemat Bahan Bakar

Sadar tidak sadar bahwa oli mesin dapat mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar. Gesekan yang terjadi pada komponen mesin dapat menyebabkan jumlah energi yang di salurkan tidak sama dengan enregi yang di terima dari pembakaran bahan bakar. Pada bagian ini oli memaikan perannya untuk menurukan koifisien gesekan dan menekan energi yang terbuang.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *