Hal Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Bumi

Hal Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Bumi – Gempa bumi merupakan suatu kejadian alam yang berupa suatu geratan atau guncangan yang bisa terjadi di permukaan bumi atau pun permukaan laut akibat adanya pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang memciptakan suatu gelombang seismic.

Gempa bumi akan terjadi apabila penumpukan energi pada batas lempeng yang bersifat konveregen (bertumbukan), divergen (saling menjauh), transform (berpapasan), sesar (patahan) dan blok batuan tersebut tidak mampu lagi menahan elastisitasnya sehingga akan dilepaskan sejumlah energi dalam bentuk rangkaian gelombang seismic yang di kenal sebagai gempa bumi.

Jenis Gempa

1. Gempa Vulkanik

Merupakan gempa bumi yang di sebabkan oleh sebuah letusan gunung berapi. Biasanya terjadi karna adanya aktifitas magma di mana jika aktifitas tersbut terus meningkan merupakan suatu tanda gunung itu akan Meletus.

2. Gempa Tektonik

Merupakan gempa bumi yang disebabkan karena pergeseran lapisan bumi dikarenakan lepasnya energi di zona subduksi. Zona subduksi adalah area dimana bertemunya dua lempeng bumi yang membentuk deretan gunung berapi dan juga menyebabkan gempa bumi.

3. Gempa Runtuhan

Di katakan bagian dari gempa yang jarang seklai terjadi. Gempa ini terdapat di daerah-daerah yang terdapat runtuhan dalam atau di pinggir tebing. Misalnya di daerah gua-gua batu gamping dan daerah pertambangan.

Hal Yang Harus Dilalukan Jika Terjadi Gempa

1. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Secara Umum

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika terjadi gempa, yaitu dengan menunduk dan mencari sesuatu di sekitar kita yang bisa melindungi bagian kepala kita.

Kemudian hindari area yang terdapat bagunan bertingkat, carilah setidaknya area yang jauh dari gedung bertingkat. Sebisa mungkin saat gempa terjadi kondisikan badan kita di keaan duduk dengan melindungi kepala.

2. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Apabila Berada di Dalam Rumah

Jika memungkinkan, dalam beberapa detik sebelum guncangan semakin hebat, segera menjauh dari benda seperti kaca, rak buku, lemari cina, atau furnitur besar lainnya yang bisa jatuh menimpa. Cari benda yang bisa melindungi kepala dan wajah agar dapat terhindar dari reruntuhan yang berjatuhan.

Jika bedara di dapur dan sedang memasak. Segera matikan kompor terlebih dahulu kemudian mencoba untuk keluar dengan menutupi kelapa dengan suatu benda.

Jika sedang tertidur. Usahkan tetap berada di area kamar dengan menutupi kelapa dengan bantal atau guling. Jika sudah mereda kalian bisa mengecek lingkungan sekitar.

3. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Dalam Gedung Bertingkat

Jika dalam area gedung bertingkat. Yang pertama yang harus kita lakukan adalah menjauh dari area dinding dan area jendela. Kemudian jika terdapat meja, sembunyi di bawah meja.

Tetap berada di ruangan kerna biasanya gedung-gedung yang moderen sudah di rancang untuk mengatasi gempa bumi. Jangan menggunakan elevator karna biasanya listrik akan padam. Gunakan tangga darurat untuk keluar dari ruangan.

4. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Dalam Mobil

Yang pertama berhentikan mobil di tempat yang jauh dari area gedung bertingkat dan area persimpangan. Kemudian hentikan mobil ketika di jalur kanan. Jika mendengar peringatan dini tsunami, segeralah evakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

Baca Juga : 

Pengertian dan Manfaat Dari Sistem Penanggalan

Menentukan Metode Untuk Berhenti Merokok

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *