Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil – Tanaman alpukat diyakini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Kemudian menyebar ke belahan bumi tropis lainnya. Alpukat banyak tersebar luas di Indonesia. Bahkan negara kita termasuk dalam 10 negara produsen alpukat paling besar.

Pohon alpukat bisa tumbuh setinggi 20 meter. Buahnya berbentuk bulat dengan pangkal lonjong menyerupai genta atau buah pear. Daging buahnya lembut berwarna hijau kuning yang terbungkus kulit licin berwarna hijau hingga coklat kemerahan.

Buah alpukat memiliki komposisi gizi yang sehat dan mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral. Beberapa diantaranya tersedia dalam jumlah yang banyak. Berikut ini nutrisi yang terkandung dalam setiap 50 gram buah alpukat.

Berikut Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil :

1. Sumber Vitamin K

Kekurangan vitamin K saat masa kehamilan dapat menyebabkan kolestasis. Kolestasis adalah kondisi berhentinya atau berkurangnya cairan empedu yang biasanya mempengaruhi wanita pada saat kehamilan trimester ketiga dan menimbulkan gejala yang cukup serius seperti kelelahan, depresi, hilangnya napsu makan, datal-gatal dan urin berwarna gelap.

2. Mengatasi Kram

Ibu hamil tentu sering merasakan kram pada tangan ataupun kaki, bahkan keduanya. Hal ini sangat wajar, namun bisa dicegah dengan mengonsumsi buah alpukat. Potasium yang terkandung dalam buah alpukat akan membantu ibu hamil dalam mengobati rasa kram saat masa kehamilan.

3. Sumber Mineral Penting

Kalsium, magnesium, kalium, tembaga, zinc, mangan, fosfor, dan vitamin lainnya ada dalam alpukat. Semua nutrisi ini sangat penting dalam proses tumbuh kembang janin.

4. Membantu Penyerapan Nutrisi

Membantu mempercepat penyerapan nutrisi. Dikutip dari University of New Hampshire, alpukat berfungsi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain yang dikonsumsi ibu hamil sepanjang hari. Contohnya, alpukat dapat menyerap vitamin dalam sayuran hijau, ubi, dan wortel.

Baca Juga : Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil

5. Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Beberapa penyakit perut dan sembelit merupakan penyakit yang sering terjadi pada masa kehamilan. Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan selama kehamilan, Kamu bisa mengonsumsi buah alpukat. Manfaat alpukat untuk ibu hamil, karena adanya kandungan serat yang kaya dalam buah alpukat. Serat inilah yang membantu pencernaan dan memudahkan Kamu untuk buag air besar.

6. Sumber Lemak Sehat

Lemak dalam alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, dan membantu Kamu tetap kenyang. Selain itu, asupan makanan yang kaya akan lemak sehat seperti alpukat juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi insomnia selama kehamilan.

7. Kaya Akan Antioksidan Kuat

Menyimpan banyak senyawa penting antioksidan. Mereka berperan dalam menjaga tubuh dari kerusakan sel sekaligus mengoptimalkan kesehatan. Salah satu komponen alpukat yang mendukung aktivitas antioksidan adalah karotenoid lutein. Nutrisi ini menyimpan sifat antioksidan yang kuat. Lutein berguna untuk perkembangan mata dan otak bayi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *