Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan – berkat kandungan nutrisi yang ada pada buah kesemek. Buah ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

Diospyros iniditemukan negara Tiongkok lebih dari ribuan tahun. Buah ini memiliki tampilan yang unik, dengan berwarna oranye seperti tomat dan memiliki rasa manis seperti madu. Meski tidak sepopuler buah lainnya, nyatanya bayak manfaat yang belum banyak kita ketahui dari buah kesemek ini.

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan jantung kita. Mengonsumsi makanan tinggi flavonoid secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dari beberapa penelitian pada hewan, menunjukkan kandungan asam tanat dan galat pada kesemek, efektif menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor utama penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Mengandung lebih dari setengah kebutuhan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya. Selain itu, buah kesemek juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, menajamkan penglihatan, dan mencegah dari berbagai jenis penyakit mata.

3. Dapat Melancarkan Pencernaan

Vitamin B6 yang terdapat pada buah kesemek. Nutrisi tersebut dapat membantu mengatur pemecahan protein, lemak, dan karbohidrat sehingga dapat memperlancar metabolisme serta meningkatkan energi agar optimal. Selain itu, buah kesemek juga dapat meringankan penyakit seperti perut kembung dan sembelit. Kandungan fitonutrien dalam buah kesemek matang, seperti tanin dan polifenol, memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi infeksi perut.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Mengandung antioksidan fisetin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Senyawa fisetin ini mampu meningkatkan memori dalam jangka panjang, mencegah kerusakan saraf dan mencegah penurunan fungsi kognitif akibat efek penuaan. Tidak hanya itu, fisetin dapat mengurangi kerusakan otak. Fisetin juga dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh sehingga bisa mengurangi gejala depresi.

Baca Juga : Manfaat Dari Saffron

5. Mencegah Penuaan Dini

Stres oksidatif dapat menyebabkan penuaan secara dini. Umumnya, gejala penuaan dini ini seperti, munculnya keriput pada wajah, bintik-bintik penuaan, dan kelelahan.  Buah kesemek mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin A, beta karoten, lutein, lycopene, dan cryptoxanthin. Dari beberapa kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif, sehingga membantu menunda penuaan dini.

6. Sumber Antioksidan Yang Baik

Kaya akan antioksidan karotenoid dan beta-karoten, yang merupakan pigmen yang terdapat pada berbagai buah dan sayuran berwarna cerah. Studi menunjukkan bahwa diet kaya beta-karoten dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Merupakan salah satu buah berserat tinggi yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL. Studi menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi cookie bar yang mengandung serat kesemek tiga kali sehari selama 12 minggu mengalami penurunan kolesterol LDL yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang makan bar yang tidak mengandung serat kesemek.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *