Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh – Buah pepaya atau dalam bahasa latin Carica papaya merupakan buah yang berasal dari family Caricaeae  yang dapat tumbuh subur pada daerah tropis, Indonesia sendiri dapat dengan mundah menemukan buah ini pada berbagai tempat dan berbagai daerah.
Buah eksotis ini berasala dari daerah selatan Mexico. Pepaya merupakan buah menyerupai melon yang memiliki daging berwarna semburat kuning kejinggaan. Ada 2 jenis pepaya yang biasa kita kenal yaitu “The Hawaiian” and “The Mexican”.

Merupakan yang paling umum dan paling muda kita jumpai pada supermarket dengan bentuk buah pear dengan warna kulit yang menguning ketika matang. Pepaya Hawaii ini biasanya berukuran sekitar 1 pound per buah. Sedangkan pepaya Mexico memiliki ukuran yang lebih besar dan bisa memiliki berat sampai 20 pound.

Berikut 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh :

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasarkan studi Department of Preventive Cardiology, Ullevål University Hospital, Norwegia, pepaya mengandung lycopene dan vitamin C yang bisa mencegah penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam buah pepaya juga bisa melindungi jantung kalian dan meningkatkan kemampuan kolesterol baik high-density lipoprotein / HDL dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Mengatasi Sembelit

Sembelit terjadi karena adanya gangguan pada sistem pencernaan sehingga bisa membuat seseorang susah buang air besar. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan pepaya. Orang yang tinggal pada daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) lainnya. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membuat protein lebih mudah dicerna. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi pepaya selama 40 hari mengalami perbaikan yang signifikan pada sembelit dan kembung. Benih, daun dan akar pepaya juga telah terbukti dapat mengobati bisul pada hewan dan manusia.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Paparan sinar matahari bisa membuat sel kulit mati, dan mengakibatkan wajahmu terlihat kusam. Untuk mengatasinya, kamu tentu perlu mencari cara membersihkan wajah kusam yang efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan buah pepaya, yang mengandung banyak vitamin A dan mineral yang bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah. Cara membuatnya sangat mudah. Kamu cukup mencampurkan buah pepaya yang telah dihaluskan dengan susu. Kemudian, aplikasikan campuran tersebut sebagai masker wajah selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Antioksidan

Radikal bebas merupakan molekul reaktif yang ada selama metabolisme tubuh kita. Radikal bebas ini bisa meningkatkan stres oksidatif, yang akhirnya menyebabkan penyakit. Antioksidan, termasuk karotenoid yang ada pada pepaya, bisa menetralisir radikal bebas. Studi mencatat bahwa pepaya yang difermentasi bisa mengurangi stres oksidatif pada orang dewasa dan orang dengan pradiabetes, hipotiroidisme ringan bahkan penyakit hati. Banyak peneliti juga percaya kalau radikal bebas yang berlebihan otak merupakan faktor pemicu penyakit Alzheimer.

5. Sumber Vitamin dan Mineral

Pepaya mentah termasuk sumber makanan yang kaya akan vitamin yang membantu dalam berbagai masalah kesehatan. Buah ini mengandung vitamin A, B, C & E yang memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Vitamin dalam buah pepaya mentah juga membantu dalam meningkatkan penglihatan mata, melindungi sel dari kerusakan, memperlambat proses penuaan sel.

6. Melindungi Terhadap Arthritis

Manfaat kesehatan pepaya juga bagus dalam mencegah dan mengobati radang sendi. Penyakit ini bisa menjadi penyakit yang benar-benar melemahkan dan orang yang menderitanya mungkin mengalami penurunan kualitas hidup secara signifikan. Pepaya baik untuk tulang karena kaya akan vitamin C dan memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat besar, yang membantu mencegah berbagai bentuk radang sendi. Sebuah penelitian dalam Annals of the Rheumatic Diseases menemukan bahwa orang yang makan makanan rendah vitamin C tiga kali lebih mungkin menderita radang sendi daripada mereka yang tidak.

7. Dapat Mengobati Gejala Demam Berdarah

Salah satu khasiat paling menonjol dari daun pepaya adalah potensinya untuk mengobati gejala tertentu yang berhubungan dengan demam berdarah. Demam berdarah merupakan virus yang ditularkan oleh nyamuk yang dapat menyebabkan gejala mirip flu, seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit. Kasus yang parah juga dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit dalam darah. Kadar trombosit yang rendah dapat berkontribusi pada peningkatan risiko perdarahan dan berpotensi fatal jika tidak ditangani.

Baca Juga : Manfaat Dari Olah Raga Zig Zag

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *