Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil – salak merupakan tanaman asli dari Indonesia. Hampir semua daerah Indonesia dapat ditumbuhi salak, baik yang budidayakan maupun yang masih tumbuh liar. Selain Indonesia, salak juga dapat tumbuh berbagai negara antara lain yaitu, Malaysia, Filipina, Brunei, dan Thailand.

Merupakan buah musiman yang cukup produktif yang dapat menghasilkan buah sepanjang tahun dan sangat melimpah. Buah salak dalam satu tandan memiliki tingkat kematangan dan ukuran yang tidak seragam.

Selain untuk dikonsumsi sebagai buah segar, buah salak dapat menjadi berbagai variasi diantaranya yaitu, manisan salak, keripik salak, dan selai salak.

Berikut manfaat buah salak untuk ibu hamil :

1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah salak bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Ketika kadar zat besi pada ibu hamil tergolong rendah, sel darah merah tidak dapat membawa oksigen ke jaringan tubuh sehingga berdampak pada bayi dalam kandungan.

Walau rasa lelah saat hamil normal terjadi, anemia defisiensi zat besi yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan berat badan lahir rendah.

2. Dapat Menjaga Keseimbangan Kadar Asam Lambung

Pada beberapa kasus, ibu hamil cukup sering mengalami mual hingga muntah pada trimester pertama. Buah salak memiliki peran untuk menjaga keseimbangan kadar asam lambung. Salah satu penyebab terjadinya gangguan asam lambung adalah tidak adanya keseimbangan dalam hormon tubuh. Dengan mengonsumsi salak, maka hormon tersebut bisa lebih seimbang.

Akan tetapi, ibu hamil tidak bisa banyak makan buah salak. Cukup 1 hingga 2 buah untuk perharinya. Hal ini mengurangi efek samping kebanyakan konsumsi salak.

3. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Komplikasi pada ibu hamil bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang punya kandungan vitamin C tinggi. Contohnya seperti buah salak. Manfaat salak untuk ibu hamil, yaitu dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan.

Vitamin C berfungsi sebagai nutrisi yang membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih cepat. Berbicara mengenai zat besi, dalam buah salak juga terkandung zat besi dan mineral penting lainnya untuk kebaikan ibu hamil.

4. Melancarkan Buang Air Besar

Buah salak jika dikonsumsi secara wajar justru bisa menjadi obat diare alami. Terutama bagi ibu hamil, yang sebaiknya tidak minum obat dulu demi kesehatan janin. Salak memiliki kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Namun untuk mendapatkan manfaat ini, jangan lupa untuk tidak membuang kulit tipis pada daging salaknya, ya. Bagian inilah yang justru memiliki kandungan serat cukup tinggi, sehingga baik untuk tetap dikonsumsi.

Baca Juga : Manfaat Daun Pecah Beling

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Orang dewasa khususnya ibu hamil perlu mendapatkan asupan mineral seperti kalsium untuk menjaga agar tulang tetap kuat. Tak hanya dari suplemen, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kalsium cukup tinggi.

Tambahan asupan kalsium dari salak dapat membantu menjaga kesehatan serta kekuatan tulang untuk ibu hamil sehingga mencegah osteoporosis. Hal ini karena saat hamil, bayi dalam kandungan menyerap kalsium untuk perkembangan tulang dan giginya.

6. Membantu Tumbuh Kembang Janin Dalam Kandungan

Semua orang tua tentunya menginginkan buah hatinya lahir dengan kondisi sehat. Oleh karenanya, jangan heran kalau ada pasangan suami istri sudah menyiapkan segala kebutuhan, yang diperlukan selama proses kehamilan.

Meskipun usia kandungannya masih sangat muda. Namun demikian, langkah tersebut sangat tepat. Mengingat, kehamilan pada beberapa minggu atau bulan pertama, asupan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

7. Dapat Menyehatkan Jantung dan Juga Mencegah Kegemukan

Kandungan kalium yang dimiliki buah salak memiliki manfaat lebih untuk menyehatkan jantung pada janin. Selain itu, kandungan serat di dalam salak juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kegemukan. Mengonsumsi asupan yang tinggi serat juga sangat baik untuk calon ibu yang rentan sembelit dan berat badan mudah naik.

Related Posts

Manfaat Dari Kentang

Manfaat Dari Kentang Yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Dari Kentang – adalah tumbuhan yang bagian akar biasanya dimakan sebagai sayuran. Kentang juga sebagai pengobatan. Masyarakat menggunakan jus kentang mentah untuk sakit perut dan bengkak….

Manfaar Dari Teh Hijau

Manfaar Dari Teh Hijau

Manfaar Dari Teh Hijau – Sejarah dari teh hijau ini berawal dari Negara Cina, yang telah menggunakan teh hijau sebagai pendukung pengobatan sejak 4.000 tahun yang lalu….

Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil

Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil

Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil – Melon (Cucumis melo L.) merupakan tanaman buah termasuk famili Cucurbitaceae, banyak yang menyebutkan buah melon berasal dari Lembah Panas Persia atau…

Manfaat Dari Daun Binahong

Manfaat Dari Daun Binahong

Manfaat Dari Daun Binahong – Biinahong atau dengan nama latin Anredera cordifol adalah salah satu jenis tanaman obat yang berasal dari daratan China. Pada tempat asalnya, tumbuhan…

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan – Lidah buaya (Aloe vera) adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab,…

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan – Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika…

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.