Manfaat Dari Kentang Yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Dari Kentang – adalah tumbuhan yang bagian akar biasanya dimakan sebagai sayuran. Kentang juga sebagai pengobatan. Masyarakat menggunakan jus kentang mentah untuk sakit perut dan bengkak. Dan kebanyakan orang menaruh kentang mentah pada area yang berefek untuk infeksi, luka bakar dan mata ikan.

Kentang (Solanum Tuberosum L.) merupakan tanaman semak dan bersifat menjalar. Batangnya berbentuk segi empat, panjangnya biasa mencapai 50-120 cm, tidak berkayu dan tidak keras. Batang dan daun berwarna hijau kemerahan atau keungu-unguan. Buahnya berbentuk buni, dimana kulit/dindingnya berdaging dan mempunyai dua ruang.

Dalam buah berisi banyak calon biji yang jumlah bisa mencapai 500 biji. Akar Tanaman kentang tumbuh menjalar dan berukuran sangat kecil bahkan sangat halus. Akar ini berwarna keputih-putihan. Daya tembusnya biasa mencapai 45 cm ,namun biasanya akar ini banyak yang mengumpul kedalaman 20 cm. Umbi kentang berasal dari cabang akar samping yang masuk ke dalam tanah dan merupakan tempat menyimpan karbohidrat sehingga membengkak dan bisa dimakan. Umbi bisa mengeluarkan tunas dan nantinya akan membentuk cabang-cabang baru.

Berikut Manfaat Dari Kentang :

1. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Banyak yang bilang kalau kentang buruk bagi diabetes, padahal sebaliknya, lho. Manfaat kentang lainnya adalah membantu mengendalikan kadar gula darah, sehingga sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman bagi penderita diabetes. Kentang banyak mengandung pati — disebut juga pati resisten — yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, hal ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik dalam usus. Penelitian menyatakan bahwa pati resisten dapat mengoptimalkan kerja insulin — hormon pengendali gula darah. Sebuah penelitian dalam jurnal Medicine (Baltimore) pada tahun 2015 juga menunjukan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah terbukti lebih stabil pada penderita diabetes tipe 2.

2. Kesehatan Jantung

Kentang mengandung serat, kalium, potassium, vitamin C, dan vitamin B6. Serat membantu menurunkan kolesterol dalam darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan lainnya juga berperan sama. Sebuah penelitian berdasarkan National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) atau Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, menemukan asupan kalium lebih tinggi dan asupan natrium lebih rendah bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

3. Sehatkan Pencernaan

Pati resisten dalam kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Ketika pati resisten mencapai usus besar, ia menjadi makanan bagi bakteri usus yang menguntungkan. Bakteri ini mencernanya dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek. Kandungan serat dalam kentang membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat.

4. Membatasi selera makan

Kentang, terutama yang dikonsumsi bersama kulitnya, merupakan salah satu sumber serat pangan yang baik. Kandungan serat pangan pada kentang merupakan faktor penting untuk menurunkan dan mengelola berat badan. Meski tinggi akan karbohidrat, jenis karbohidrat pada kentang adalah karbohidrat kompleks yang baik untuk menjaga berat badan tetap stabil. Asupan tersebut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, Anda juga tidak akan mudah tergoda untuk ngemil atau mengonsumsi makanan yang kurang sehat, sehingga diet pun bisa lebih optimal.

Baca Juga : Manfaat Dari Teh Hijau

5. Melawan Kanker Hati dan Usus Besar

Kentang mengandung banyak senyawa antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa tersebut menetralkan molekul yang berbahaya seperti radikal bebas. Penumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sampai kanker. Sebuah uji laboratorium menunjukkan, kandungan antioksidan dalam kentang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar. Studi juga menemukan, kentang ungu kandungan antioksidannya empat kali lebih tinggi ketimbang kentang putih. Sehingga, kentang berwarna lebih baik dalam menetralkan radikal bebas ketimbang kentang putih.

6. Sebagai Sumber Energi

Manfaat kentang ini didapat karena adanya kandungan antioksidan. Kentang rebus kaya akan vitamin B6 yang dapat berfungsi untuk memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Kedua kandungan itu merupakan bahan bakar utama sebagai sumber energi bagi tubuh.

7. Baik untuk Otot dan Otak

Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin. Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.

Related Posts

Manfaat Dari Buah Bacang

7 Manfaat Dari Buah Bacang

7 Manfaat Dari Buah Bacang – Bacang merupakan sejenis pohon buah yang masih sekerabat dengan mangga. Biasanya orang sering menyebut buahnya sebagai bacang atau mangga bacang. Berbagai…

7 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil – Kurma merupakan produk dari pohon palem kurma yang masuk dalam Arecaceae. Pohon kurma merupakan salah satu tanaman tertua yang masih…

7 Manfaat Dari Daun Salam Untuk Kesehataan Tubuh

7 Manfaat Dari Daun Salam Untuk Kesehataan Tubuh

7 Manfaat Dari Daun Salam Untuk Kesehataan Tubuh – Daun salam merupakan tanaman yang memiliki nama ilmiah Eugenia polyantha w. Daun salam banyak digunakan terutama untuk bahan…

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah – Merupakan senyawa kimia asam organik, sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan. Asam cuka memiliki rumus empiris C 2 H4…

Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Manfaat Es Batu Untuk Wajah – adalah bahan yang sering kali kita gunakan untuk berbagai keperluan. Es batu berasal dari air yang melalui proses pembekuan dalam kulkas…

5 Manfaat Yang di Dapatkan Mahluk Hidup Dari Matahari

5 Manfaat Yang di Dapatkan Mahluk Hidup Dari Matahari

5 Manfaat Yang di Dapatkan Mahluk Hidup Dari Matahari – Matahari merupakan sebuah bintang berbentuk bola pijar yang memiliki massa sangat besar dan menjadi pusat tata surya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.