Manfaat Dari Olahraga Lari Zig Zag

Manfaat Dari Olahraga Lari Zig Zag – Lari merupakan salah satu olahraga paling mudah plus murah untuk dilakukan. Pasalnya, olahraga satu ini bisa dilakukan kapan saja tanpa harus mengeluarkan banyak biaya serta peralatan khusus. Alhasil, wajar jika olahraga lari begitu populer bagi masyarakat.

Olahraga lari sendiri memiliki banyak variasi, salah satunya adalah lari zig-zag. Biasanya, lari zig-zag digunakan untuk melatih kelincahan, tapi tahukah Anda kalau lari jenis ini juga memiliki beragam manfaat lain yang baik untuk kesehatan? Lantas, apa lagi manfaat lari zig-zag untuk tubuh? Simak ulasannya berikut ini

Berikut 7 Manfaat Dari Olahraga Lari Zig Zag :

1. Sebagai Persiapan Olahraga

Sebagai persiapan atau pemanasan yang baik sebelum olahraga. Selama latihan, biasanya atlet bergerak dalam pola vertikal (seperti saat Anda berlari atau sprint) atau bergerak dari sisi ke sisi (seperti saat Anda melakukan lompatan lateral). Namun banyak olahraga kompetitif yang membutuhkan pola gerakan yang lebih kompleks.

Misalnya, ketika Anda mengejar bola selama pertandingan, Anda cenderung menggabungkan beberapa jalur gerakan (maju, mundur, menyamping, dan diagonal) untuk mengalahkan lawan Anda. Jika Anda berlatih pola gerakan ini selama latihan, tubuh Anda akan lebih siap selama kompetisi.

2. Melatih Kelincahan

Manfaat Lari zig-zag adalah suatu bentuk lari yang dilakukan dengan arah berbelok-belok dan melewati rintangan. Tujuan lari zig-zag adalah untuk melatih kelincahan. Dalam berbagai penelitian, lari zig-zag membuat tubuh lebih siap untuk berolahraga. Hasilnya, kecepatan, kelincahan, kecepatan bereaksi, dan ketangkasan individu dapat meningkat.

3. Meningkatkan Performa Fisik

Lari zig zag juga termasuk dalam pelatihan high-intensity functional training (HIFT). Latihan ini akan membantu tubuh untuk menggunakan oksigen dengan lebih maksimal, meningkatkan daya tahan, kekuatan, dan tenaga selama berolahraga.

4. Membakar Lemak

Lemak akan terus terbakar meskipun kita sudah selesai berlari. Orang yang rutin berlari akan membakar lemak lebih banyak dibanding orang yang tidak berlari, bahkan meskipun dia sudah istirahat ataupun sedang tidak berlari. Oleh karena itu ayo mulai membiasakan diri rutin berlari zig zag bila ingin membakar lemak secara efektif.

Baca Juga : Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

5. Meningkatkan Mood

Latihan lari zig zag termasuk olahraga yang menyenangkan. Bahkan apabila anda melakukan olahraga ini anda bisa sekaligus melakukan permainan.

Oleh karena itu lari zig zag dianggap pula dapat meningkatkan mood seseorang agar suasana hatinya menjadi lebih baik pada saat melakukan olahraga yang satu ini. Selain itu, lari zig zag juga dapat menghilangkan rasa penat atau beban pikiran yang mengganjal pun akan sedikit hilang dan terasa fress kembali.

6. Meningkatkan Massa Otot

Lari zig-zag juga termasuk dalam pelatihan fungsional intensitas tinggi (HIFT). Latihan ini menekankan fungsi, gerakan multi-sendi, dan menggunakan latihan aerobik dan penguatan otot. Zig-zag membutuhkan kekuatan otot, tenaga untuk melompat, dan daya tahan kardiovaskular untuk menjaga pola bergerak dari cone ke cone. Manfaat pelatihan fungsional intensitas tinggi dapat meningkatkan massa otot daripada latihan yang lebih tradisional.

7. Melatih Jantung

Salah satu bentuk olahraga kardio yang menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. Jantung menjadi organ tubuh yang paling diuntungkan bila Anda rutin melakukan lari zig-zag.

Ini karena ketika Anda lari zig-zag peredaran darah menjadi lancar, sehingga menyehatkan organ tersebut. Selain itu, otot di jantung juga akan menjadi lebih kuat jika rutin melakukan olahraga tersebut. Alhasil, risiko Anda untuk terkena penyakit jantung pun akan semakin kecil.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *