Manfaat Dari Saffron Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Dari Safftron – Meurapakan rempah yang mempunyai bentuk seperti benang halus dan mempunyai warna yang merah yang berasal dari bunga crocus sativus ini merupakan salah satu rempah termahal, karena cara budidanya yang rumit dan memerlukan suatu teknik yang kshusus.

Bunga saffron mengandung banyak senyawa aktif dan kandungan baik lainnya seperti lemak, protein, serat, kalsium, energi, zat besi, kalim dan vitamin c. Kandung-kandungan tersebut membuat saffron memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah bagi kalian yang penasaran manfaat dari saffron ini, mari kita bahas bersama.

Manfaat Bunga Saffron Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Menurunkan Nafsu Makan dan Mengurangi Berat Badan

Menurut sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi suplemen saffron selama 8 minggu berturut-turut mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi suplemen saffron. Selain itu saffron juag dapat menurunkan lingkar perut dan massa lemak pada pasien dengan penyakit jantung koroner.

2. Atasi Stres

Saffron juga dapat mengurangi tingkat stres dan depresi. Untuk masalah ini biasanya saffron dikonsumsi dalam bentuk suplemen untuk pengobatan stres dan depresi. Karena berasal dari bahan-bahan yang alami, membuat saffron ini hampir tidak membuat efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh manusia.

3. Meningkatkan Daya Penglihatan

Manfaat saffron berikutnya yaitu untuk meningkatkan penglihatan pada orang dewasa yang sedang memiliki masalah penglihatan kabur dengan degenerasi makula terkait usia (AMD). Mengonsumsi bunga saffron secara rutin dapat meningkatkan penglihatan serta melindungi terhadap kerusakan radikal bebas yang terkait dengan AMD.

4. Menangkal Radikal Bebas

Bunga Saffron mengandung berbagai macam komponen antioksidan, sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Seperti telah kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit yang kronis, termasuk salah satu penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga : Manfaat Ekstrak Kulit manggis

5. Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi terjadi saat bagian kulit menjadi lebih gelap dari kulit sekitarnya. Penyebabnya adalah kelebihan pigmen atau melanin karena jaringan parut, paparan sinar matahari, atau perubahan hormonal. Senyawa aktif safron, seperti crocin, dapat menurunkan kadar melanin. Senyawa ini bekerja untuk menekan tirosinase, yakni enzim yang penting untuk memproduksi melanin dalam tubuh manusia.

6. Meningkatkan Penglihatan

Salah satu unsur yang terdapat dalam saffron, yakni safranal, terbukti dapat memperlambat proses degenerasi retina. Selain itu, saffron juga memiliki banyak senyawa penting untuk dapat meningkatkan penglihatan, seperti crocin dan crotein yang dapat meningkatkan aliran darah ke retina serta menyembuhkan konjungtivitis.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Saffron dapat meningkatkan regenerasi dan produksi sel, sehingga bekerja untuk mempercepat proses dalam penyembuhan luka. Hal ini didukung oleh beberapa studi yang menunjukkan bahwa saffron dapat merangsang penyembuhan luka dan meningkatkan pertumbuhan sel kulit.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *