Manfaat Dari Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Dari Wortel Untuk Kesehatan – Daucus carota L atau wortel adalah jenis sayuran yang berwarna kuning kemerahan atau jingga kekuningan dengan tekstur yang mirip seperti kayu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel memiliki batang yang pendek, akar tunggang yang bentuk dan fungsinya berubah menjadi umbi bulat dan memanjang.

Menurut Rubatzky dan Yamaguchi, kantong minyak dalam ruang antarsel perisikel pada umbi wortel mengandung minyak esensial yang menyebabkan aroma yang khas dari wortel dan akar tunggangnya menyimpan gula dalam jumlah yang cukup banyak. Gula-gula yang terdapat pada wortel umumnya terdiri dari sukrosa, glukosa, fruktosa dan maltosa.

Menurut Alabrandan Mabrouk, kandungan gula dan asam amino pada wortel tergantung dari jenis varietas wortel, lingkungan, pertanian, dan penyimpanannya.

Berikut manfaat dari wortel :

1. Menurunkan Kolestrol

Wortel merupakan salah satu sayuran yang tinggi akan serat, rendah lemak, dan rendah kalori. Kandungan serat yang tinggi pada wortel dapat membantu menurunkan kolestrol. Dengan serat tersebut, wortel menjadi sayuran yang bersifat menghambat lemak dan menurunkan kolestrol dalam darah.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sebagai sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, khususnya vitamin A, biotin, vitamin K1, kalium, dan vitamin B6. Selain itu, wortel juga kaya akan beta-karoten. Karena itulah tidak heran apabila manfaat wortel dapat meningkatkan imunitas tubuh. Beta-karoten nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Zat nutrisi ini selain membantu meningkatkan penglihatan yang baik, berperan pula untuk pertumbuhan, perkembangan, dan imunitas tubuh.

3. Mencegah Kerusakan Mata

Kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Manfaat ini dapat membantu mencegah sejumlah masalah pada mata, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan penglihatan seperti mata minus, rabun dekat, dan astigmatisme. Sel-sel mata juga tidak luput dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel. Untungnya, antioksidan berupa karoten dan lutein pada wortel bisa membantu mencegah kerusakan mata akibat faktor ini.

4. Antiradang

Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, manfaat wortel untuk kesehatan lainnya adalah sebagai antiradang. Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

Baca Juga : Manfaat Dari Seledri Untuk Kesehatan

5. Kaya Akan Kalium

Manfaat wortel mentah yang kedua karena adanya kandungan kalium yang tinggi. Satu cangkir wortel mentah mengandung sekitar 400 miligram potasium, yaitu sebuah elektrolit yang penting untuk kesehatan. Kalium berpotensi membawa muatan listrik kecil ke seluruh tubuh, yang secara sederhana dibutuhkan untuk kontraksi otot, termasuk menjaga agar jantung tetap memompa dengan kecepatan yang normal.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dalam jurnal berjudul “Effect of increased potassium intake on cardiovascular risk factors and disease: systematic review and meta-analyses (2013)”, Asupan kalium yang cukup memainkan peran penting dalam mengatur dan menjaga tekanan darah serta mengurangi risiko stroke. Jus wortel adalah jawaban yang tepat untuk kekhawatiran Anda terhadap risiko penyakit jantung. Sebab, minuman ini dapat memenuhi 15 % dari kebutuhan kalium harian tubuh Anda.

7. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Dengan mengunyah wortel mentah, bakteri, plak, maupun karang gigi, dapat dibersihkan secara maksimal. Kunyahan wortel ini memproduksi saliva atau air liur yang bekerja sebagai alkalin, yaitu penyeimbang asam dan bakteri pembuat gigi berlubang dalam mulut. Selain itu, wortel mentah juga memiliki kandungan mineral yang dapat mencegah kerusakan pada gigi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *