Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan – Pepaya (Carica papaya L.) berasal dari familiy Caricaceae. Merupakan tanaman obat yang memiliki pertumbuhan yang cepat dan masa hidup yang pendek, tetapi dapat memproduksi buah hampir lebih dari 20 tahun (Peter, 1991).

Menurut sejara, tanaman pepaya berasal dari Amerika Tengah. Beberapa literatur memastikan bahwa plasma nuftah tanaman pepaya berasal dari Meksiko dan Costa Rica para pedagangan Spanyol berjasa dalam menyebarluaskan tanaman pepaya dari kawasan Amerika ke berbagai negara.

Bagian berbeda dari tumbuhan pepaya (buah, daun, getah, dan biji) bisa dimakan dan bisa diolah menjadi obat untuk berbagai penyakit.

Barikut manfaat daun pepaya untuk kesehatan :

1. Sifat Anti Kanker

Jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paruparu dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker.

2. Mengontrol Darah Tinggi

Studi pada tikus telah menemukan ekstrak daun pepaya memiliki efek antioksidan dan penurun darah tinggi. Hal ini karena kemampuan daun pepaya untuk melindungi sel penghasil insulin pada pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

3. Melancarkan Pencernaan

Mengandung enzim papain dan chymonpapain. Manfaat daun pepaya pada enzim tersebut, telah terbukti membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan membersihkan usus besar. Papain juga membantu dalam penyembuhan dan pencegahan tukak lambung. Ia bekerja dengan membunuh bakteri H. pylori karena sifat antimikroba.

4. Meningkatkan Trombosit

Studi berbasis hewan pengerat pada jurnal Evidence-based complementary and alternative medicine menunjukkan manfaat daun pepaya untuk meningkatkan trombosit pada pasien demam berdarah. Jumlah trombosit meningkat rata-rata setelah pasien meminum jus daun pepaya dalam waktu kurang lebih 40-48 jam. Peneliti menemukan bahwa gen Gen PTAFR memiliki peranan penting dala meningkatkan trombosit dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

5. Mendukung Pertumbuhan Rambut

Studi yang diterbitkan dalamNational Library of Medicine, manfaat ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan dan penipisan rambut. Dalam daun pepaya, terdapat senyawa dalam sampo anti ketombe. Komponen alkaloid juga efektif menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepala.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun pepaya sangat cocok bagi Kamu yang sedang menurunkan berat badan. Jus daun pepaya rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membuat perut Kamu kenyang untuk waktu yang lama. Serat makanan yang secara alami ditemukan dalam daun pepaya mendetoksifikasi tubuh Kamu dan meningkatkan metabolisme yang mengarah pada penurunan berat badan.

8. Mengurangi Sakit Haid

Perlu Kamu ketahui, khususnya para wanita, mengkonsumsi daun pepaya disebut-sebut dapat mengurangi sakit haid loh. Pasalnya, terdapat senyawa dalam daun pepaya yang bermanfaat untuk melancarkan keluarnya darah dari rahim. Sehingga sakit haid bisa sedikit berkurang.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *