Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh – Donor darah merupakan suatu proses pengambilan dari seseorang secara sukarela untuk dapat di simpan di bank darah yang nantinya akan di gunakan untuk keperluan tranfusi darah.

Di indonesia sendiri maasih banyak masyarakat indonesia yang belum bersedia untuk menjadi pendonor darah, kebanyakan belum mengetahui apa manfaat yang akan di timbulkan ketika kita mendonorkan darah secara rutin. Padahal akan ada banyak maanfaatnya ketika kita mendonorkan darah secara rutin.

Berapa Bulan Sekali Donor Darah Dapat Dilakukan

Pada umumnya donor darah dapat di lakukan beberapa kali dalam setahun secara rutin, Untuk rinciannya yaitu sebanyak 3 bulan sekali. Jadi jika kita rutin mendonorkan darah dalam 3 bulan sekali, dalam satu tahun kita dapat mendonorkan darah sebanyak 4 kali.

Manfaat Donor Darah

1. Cek Kesehatan Gratis

Prosedur donor darah di indonesia memang mengharuskan bagi calon pendonor sehat secara jasmani dan rohani. Tiap kita akan mendonorkan darah prosedur awalnya adalah pemeriksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius seperti, hepatitis B, sifilis hingga HIV. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui tranfusi darah.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kalian sedang dalam program diet, mungkin donor darah bisa di masukan kedalam program diet kalian. Karena dalam beberapa penelitian menyebutkan bawah rata-rata orang dewasa yang mendonorkan darahnya sebanyak 450 ml darah sama dengan dapat membakat 650 kalori.

3. Menurukan Risiko Penyakit Jantung

Donor darah yang dilakukan secara rutin ( 3 bulan sekali ) bermanfaat untuk dapat menurukan kekentalan darah. Semakin kendal darah yang mengalir dalam tubuh semakin tinggi juga kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembulu darah. Gesekan tersebut dapat merusak sel dinding pembulu darah yang dapat meningkatkan risiko sumbatan di pembuluh jantung.

4. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Ketika kita mendonorkan darah, sel darah merah dalam rubuh kita akan berkurang. Untuk dapat mengganti sel darah merah yang berkurang tersebut sumsum tulang akan memproduksi sel darah merah yang di sertai hemoglobin yang baru dan sehat. Setelah tubuh kita memperoleh sel darah merah baru, darah akan mengangkut oksigen dengan lebih efektif.

5. Luka Akan Jadi Cepat Sembuh

Melakukan donor darah membuat sel darah merah menjadi berkurang. Ini akan membuat tubuh menyesuaikan diri karena berkurangya sel daram merah dalam tubuh. Saat tubuh mengalami luka dan sel darah merah berkurang, tubuh akan menyesuaikan kembali untuk menyembuhkan luka tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Kelebihan zat besi dalam tubuh akan mengakitbatkan menignkatnya radikal bebas dalam tubuh dan juga dapat mengganggu kesehatan lainnya. Organ hati merupaka salah satu yang akan terkena dampaknya. Zat besi yang berlebih dalam tubuh ini akan memicu beberapa penyakit salah satunya hepatitis C.

7. Lebih Bahagia

Manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh raga kita saja, namun juga batin kita akan terkena dampaknya. Donor darah dapat membantu seseorang untuk dapat menyelamatkan nyawanya. Pada dasarnya donor darah membantu seseorang yang tidak kita kenal secara sukarela di mana terbukti memiliki efek positif pada kebahagiaan seseorang.

Baca Juga : 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *