Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Manfaat jahe merah untuk kesehatan – Zingiber Officinale Var Rubrum Rhizoma atau jahe merah adalah tanaman rimpang yang sering kita jumpai, yang banyak digunakan sebagai tanaman obat tradisional maupun bumbu dapur. Jahe merah mengandung zat gingerol dan shogaol sebagai antioksidan.

Jahe merah sudah ada dalam dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala. Dari semua bagian tanaman jahe, rimpang jahe yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Berikut 5 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan :

1. Dapat Meredakan Mual

Pada studi tahun 2010 dari jurnal Pediactric Blood & Cancer, meneliti efek suplemen bubuk jahe terhadap mual pada 60 anak dan dewasa yang menjalani kemoterapi. Hasilnya, menunjukkan bahwa terjadi pengurangan rasa mual pada sebagian besar orang yang meminumnya.

2. Mengobati Batuk Kering Menahun

Jahe merah mengandung minyak baik, yaitu minyak atsiri yang bisa meredakan batuk. Untuk mendapatkan manfaatnya, Kamu bisa makan jahe merah ukuran kecil secara langsung tiga kali dalam sehari. Usahakan Kamu menguyah jahe merah sampai lembut dan menelas air jahe merah.

3. Meredakan Nyeri Saat Haid

Mengkonsumsi jahe merah dapat membantu mengatasi nyeri saat haid. Jahe memiliki sifat anti inflamasi alami yang efektif mengurangi rasa sakit. Maka dari itu, bahan alami yang satu ini cocok untuk mengatasi nyeri perut saat datang bulan. Selain mengatasi nyeri otot, konsumsi jahe juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman karena efek menghangatkan.

Baca Juga : Manfaat miyak zaitun untuk wajah

4. Mengatasi Rematik

Flavonoid yang terdapat pada jahe merah dapat mengatasi rematik. Rasa nyeri yang dirasakan orang dengan rematik disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya karena adanya peradangan. Peradangan tersebut terjadi pada sendi-sendi. Jika dibiarkan berlama-lama, itu tentu akan membahayakan.

5.Menjaga Sistem Imun

Jahe yang merupakan bumbu dapur ternyata juga memiliki manfaat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, sistem pencernaan, melawan peradangan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual. Hal tersebut bisa terjadi karena jahe memiliki sifat antioksidan, anti radang, dan anti bakteri yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam manfaat jahe tersebut dengan mengolahnya menjadi minuman dengan cara direbus, atau mencampurnya dengan teh. Selain itu, kamu dapat mengolahnya menjadi bumbu masakan, atau produk herbal yang memiliki kandungan ekstrak jahe.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *