Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Manfaat jengkol bagi kesehatan – Pithecellobium jiringa atau yang sering kita kenal dengan jengkol adalah termasuk dalam famili Fabaceae atau suku polongpolongan. Tanaman ini merupakan tanaman khas wilayah Asia Tenggara.

Jengkol mengeluarkanbau bagi penikmatnya berupa bau mulut maupun bau saat buang air serta juga menyebabkan bau badan akibat hasil metabolisme. Selain itu jengkol juga menyebabkan terjadinya kejengkolan, yang disebabkan oleh kandungan asam jengkolat salah satu komponen yang terdapat pada biji jengkol yang bersifat sama dengan asam urat.

Berikut 7 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan :

1. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Menurut jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition, zat-zat antioksidan memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari efek samping radikal bebas. Radikal bebas diketahui menjadi salah satu pemicu munculnya berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular hingga kanker.

2. Sumber Protein

Kandungan protein yang tinggi. Protein merupakan nutrisi penting yang berperan dalam membangun energi dan menggantikan sel yang rusak dengan yang baru. Fungsi ini sangat berguna untuk melawan sel kanker dalam tubuh dan mencegah perkembangan yang semakin parah. Dengan alasan ini, Kamu bisa mulai mengonsumsi jengkol untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit.

3. Mencegah Anemia Kandungan

Zat besi pada jengkol cukup banyak sehingga dapat membantu mencegah anemia. Penyakit anemia defisiensi besi terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Hasilnya, Anda akan mengalami berbagai gejala dan keluhan yang tak mengenakan dari kondisi ini. Mayo Clinic menyebutkan salah satu cara mencegah kondisi tersebut adalah mengonsumsi makanan yang kaya zat besi.

4. Hilangkan Radikal Bebas

Baca Juga : Manfaat Minun Air Hangat Sebelum Tidur

Jengkol terdiri dari beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Vitamin A dan Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan. Antioksidan pada manfaat jengkol diketahui ampuh menangkal radikal bebas penyebab kanker.

5. Pembentukan Jaringan Tubuh

Kandungan protein tinggi. Manfaat jengkol bagi kesehatan dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Kandungan protein dalam jengkol jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan keledai.

6. Menguatkan Tulang

Tak hanya zat besi dan protein, jengkol juga memiliki kalsium dan fosfor. Berkat kandungan tersebut, jengkol bermanfaat untuk kesehatan tulang Kamu. Kalsium dan fosfor penting untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Kondisi tersebut bisa terjadi pada siapa saja yang kekurangan mineral tersebut.

7. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam jengkol bisa melancarkan buang air besar pada orang yang sembelit. Serat akan membantu pengeluaran tinja dari dalam tubuh, sehingga buang air besar lebih teratur.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *