Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah – Jeruk nipis atau dalam bahasa latin Citrus Aurantifolia merupakan tanaman yang berasal dari benua asia yang tumbuh subur pada daerah yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia. Tanaman ini termasuk dalam famili Rutaceacea dengan genus Citrus yang pada umunya memiliki tingga kurang lebih 150-350 Cm dengan buah berkulit tipis serta bunganya yang berwarna putih.

Indonesia sendiri banyak sekali di jumpai di berbagai daerah dengan perbedaan jensi buahnya. Untuk orang Indonesia jeruk nipis ini di gunakan di berbagai kebutuhan, seperti untuk masakan hingga untuk kebutuhan obat-obatan. Kandungan senyawa flavonoid dalam buah jeruk nipis ini merupakan golongan senyawa polifenol terbesar yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan dan antibakteri. Tidak heran banyak orang menggunakan jeruk nipis ini untuk berbagai hal.

Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki beberapa kandungan senyawa biokimia.

  • Lemak ; Asam amino, Kalsium, Zat besi, Belerang, Fosfor dan Vitamin B1.
  • Senyawa bioaktif ; Vitamin C, Karotenoid, Flavonoid, Karetenoid dan Coumarin.
  • Senyawa Fitokimia ; Glikosida, Dammar, Saponin dan Asam sitrun.
  • Minyak Atsiri ; Limonen, Lemon kamfer, Sitral, Kadinen, Gerani-lasetat.
  • 7% Minyak Esensial ; Terpinoel, Citral, Bisabolene.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis ini terbukti mencegah kulit dari kehilangan banyak air, sehingga kekenyalan dan kelembapannya tetap terjaga. Selain itu jeruk nipis dapat menjaga kulit dengan jumlah minyak yang berlebih dan menjaga kulit dari kekeringan.

2. Mengencangkan Pori-pori

Sifat astrigen jeruk nipis berfungsi untuk mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih di kulit. Dengan rutin menggunakan jeruk nipis pada wajah di percaya dapat membuat kulit kencang, cerah dah bersih secara alami.

3. Menyamarkan Bekas Luka

Vitamin C dalam jeruk nipis juga berperan untuk dapat mempecepat penyembuhan luka dan menyamarkan bekas luka. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengoleskan vitamin C dalam bentuk gel pada kulit setiap hari dalam kurun waktu 6 bulan membantu bekas luka menjadi terlihat samar.

4. Mencegah Penuaan

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang lainnya adalah dapat mencegah penuaan. Dengan bertambahnya usia dan paparan sinar UV, melanin yang memberi warna pada kulit dapat menumpuk dan terakumulasi. Sehingga menimbulkan bintik hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya. Yang harus kita tau bahwa kulit jeruk nipis dapat menghambat produksi melanin tersebut.

5. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine, di sebutkan bahwa fungsi jeruk nipis untuk wajah sebagai antibiotik alami. Ketika peneliti memasukkan berbagai bakteri, termasuk E.Coli dan Staphylococcus aureus, ke minyak jeruk nipis, hasilnya menunjukkan pertumbuhan bakteri ini terhambat.

6. Pembersih Wajah

Sifat antimikroba yang ada pada air jeruk nipis membuatnya bisa di manfaatkan sebagai pembersih wajah. Bakteri yang menempel pada wajah akibat berbagai alasan bisa di kurangi dengan menggunakan jeruk nipis. Apabila kita membersihkan wajah dengan menggunakan air jeruk nipis maka pertumbuhan bakteri yang ada di wajah mampu ditekan. Pertumbuhan bakteri menjadi terhambat dan wajah menjadi bersih dari berbagai kotoran dan bakteri.

Baca Juga :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *