Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh – Apium graveolens L. atau yang bisa kamu kenal dengan seledri, merupakan sayuran atau tumbuhan obat yang sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Seledri merupakan yang termasuk memerlukan banyak air dan cukupsinar matahari juga. Tanaman ini merupakan tanaman dikotil biji berkeping dua yang berbentuk rumput. Nah tahukah kamu bahwa seledri ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh?

Berikut 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Tubuh :

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Kalium dalam seledri yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta menjaganya tetap normal. Kalium juga penting untuk mengatur irama detak jantung.

2. Detoksifikasi

Biji seledri juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menetralisir racun serta merangsang sirkulasi darah ke otot dan sendi.

3. Melindungi Kesehatan Hati

Mengandung ekstrak methanol, tidak heran daun seledri juga mampu melindungi hati akibat paracetamol dan karbon tetra klorida. Biasanya paracetamol dan karbon memiliki efek samping yang merusak hati.

4. Memperlancar Menstruasi

Daun seledri dipercaya mampu meredakan rasa tidak nyaman dan perut kembung yang kerap dialami wanita saat menstruasi. Kandungan mineral di dalamnya juga mampu melemaskan otot perut yang kaku ketika haid sehingga dapat mencegah nyeri atau kram perut.

Baca Juga : Manfaat buah rambutan

5. Mencegah Peradangan

Manfaat kesehatan lain yang bisa Anda rasakan dari seledri adalah pencegahan terhadap peradangan. Bagaimana bisa? Ternyata, seledri memiliki kandungan apigenin yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antioksidan yang juga dapat melakukan perlawanan terhadap radikal bebas penyebab penyakit kanker. Sebuah penelitian tahun 2015 membuktikan bahwa apigenin dan makanan yang kaya akan apigenin berpotensi membantu mengurangi inflamasi atau peradangan sekaligus mengembalikan keseimbangan pada sistem imun yang sempat melemah.

6. Menambah Pasokan Vitamin dan Mineral

Sebanyak 100 gram seledri mengandung 32 mikrogram vitamin K. Jumlah tersebut dapat menyediakan lebih dari sepertiga kebutuhan vitamin K per hari bagi wanita.

7. Melancarkan Pencernaan

Satu gelas batang seledri mengandung lima gram serat. Serat baik untuk melancarkan pencernaan dan menjaga perut awet kenyang. Penelitian pada hewan juga menunjukkan, ekstrak seledri bisa memerangi pembentukan luka pada jaringan usus.

8. Sumber Antioksidan

Buah dan sayuran hijau mengandung antioksidan yang penting untuk tubuh, salah satunya seledri. Antioksidan berfungsi memperlancar pembuluh darah, melindungi organ dari kerusakan oksidatif, dan memperlancar pembuluh darah. Vitamin C, beta karoten, dan flavonoid merupakan 12 jenis nutrisi penting untuk menambah antioksidan. Anda bisa menemukan nutrisi ini pada sebatang seledri. Sementara itu, kandungan fitonutrien bisa mengurangi peradangan di saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *