Manfaat Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat Sukun Untuk Kesehatan – Sukun adalah buah yang berbentuk bulat atau cenderung lonjong, berwarna hijau terang dan berubah kuning kecokelatan ketika matang. Pada beberapa varietas, dapat pula ditemukan sukun berwarna oranye kemerahan ketika matang.

Tanaman sukun dapat tumbuh dalam berbagai macam kondisi ekologi, akan tetapi habitat terbaik untuk pertumbuhannya adalah di dataran rendah dengan iklim tropis.

Tanaman sukun mampu tumbuh pada wilayah pantai yang umumnya memiliki kadar salinitas tinggi. Pohon sukun yang tumbuh di daerah dataran tinggi atau pegunungan biasanya sulit menghasilkan buah.

Berikut manfaat buah sukun untuk kesehatan :

1. Buah Yang Mengenyangkan

100 gram buah sukun mengandung sekitar 24,5 gram karbohidrat yang setara dengan 10% kebutuhan karbohidrat sehari, serta kandungan serat dan proteinnya. Zat-zat tersebut akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebab, jenis karbohidrat pada buah sukun yaitu karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga efeknya akan membuat rasa kenyang juga bertahan lebih lama.

2. Sebagai Menu Diet

Bagi penderita obesitas, sukun adalah pilihan terbaik. Makanan dengan rasa yang enak ini baik untuk orang yang kelebihan berat badan, karena mengandung lebih sedikit kalori dan jumlah serat yang tinggi. Serat dalam sukun dapat membantu melawan lemak dan selulit tubuh.

3. Baik Untuk Kulit

Konsumsi jus sukun secara teratur akan membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda. Kandungan vitamin C yang ada pada buah sukun akan membantu meningkatkan produksi kolagen yang memberikan elastisitas pada kulit. Sukun juga akan menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi dan menghindari produksi oksida nitrat yang berlebihan, sehingga dipercaya dapat mencegah peradangan kulit.

4. Melawan Radikal Bebas

Mengandung beberapa jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Dua jenis antioksidan tersebut adalah phenolic dan flavonoid. Selain itu, jenis buah sukun yang memiliki warna daging buah kuning-oranye diduga memiliki lebih banyak kandungan antioksidan seperti xanthin dan lutein yang akan membuat kamu terhindar dari radikal bebas akibat aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : Manfaat Dari Wortel

5. Mengurangi Peradangan

Mengandung zat fenolat yang bersifat sebagai anti-radang. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Medicinal Chemistry, menjelaskan jika fenol bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sitokin, zat yang sebenarnya berfungsi membantu sistem imun melawan bakteri atau virus, namun bisa memberi dampak buruk jika diproduksi secara berlebih.

6. Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

Adanya magnesium. Mineral tersebut turut berperan dalam meningkatkan kualitas, lamanya waktu tidur, dan seberapa tenangnya aktivitas tidur tersebut. Tak hanya itu, buah sukun juga membantu meregulasi metabolisme.Dengan metabolisme yang lebih teratur, tubuh bisa menekan munculnya masalah terkait tidur dan timbulnya masalah insomnia.

7. Mengatasi Ketombe, Gatal & Rambut Rusak

Merupakan sumber asam lemak omega 3 dan omega 6 yang baik, yang tentunya mampu mengondisikan rambut, serta mengurangi kerusakan rambut. Asam lemak yang terkandung dalam sukun membantu mengatur produksi sebum di kulit kepala, mengurangi ketombe dan rasa gatal. Ini juga mencegah peradangan kulit kepala dan kematian sel, serta mencegah rambut rontok.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *