Pengertian dan Manfaat Dari Ubi Jalar

Pengertian Ubi Jalar

Pengertian dan Manfaat Dari Ubi Jalar – Ubi jalar termasuk tanaman dikotiledon atau biji berkeping dua. Selama pertumbuhannya, tanaman semusim ini dapat berbunga, berbuah, berbiji. Ciri tanaman ubi jalar yaitu Batang tidak berkayu, daun berbentuk jantung atau hati, bunga berbentuk terompet, berbuah kapsul dan berbiji pipih, berakar serabut dan berakar lumbung, umbi bervariasi. Tanaman ubi jalar (Ipomoea batatas. L) atau ketela rambat atau “sweet potato” berasal dari Benua Amerika.

Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia, dan Amerika bagian tengah. Nikolai Ivanovich Vavilov, seorang ahli botani Soviet, memastikan daerah sentrum primer asal tanaman ubi jalar adalah Amerika Tengah. Ubi jalar mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama negara-negara beriklim tropika pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang, dan Indonesia. Cina merupakan penghasil ubi jalar terbesar mencapai 90 persen (rata- rata 114,7 juta ton) dari yang dihasilkan dunia (FAO, 2004).

7 Manfaat Dari Ubi Jalar :

1. Mengurangi Risiko Kanker

Ubi jalar kaya akan kandungan antioksidan, yaitu salah satu nutrisi yang dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2018 menyatakan bahwa antosianin, salah satu jenis antioksidan yang dapat Anda temukan pada ubi jalar, dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Tak heran jika mengonsumsi ubi jalar dapat mengurangi risiko Anda mengalami kanker prostat, kanker usus, hingga kanker payudara. Selain itu, ekstrak kulit ubi jalar juga memiliki sifat antikanker yang semakin memperkaya manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsinya.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dalam ubi jalar tidak hanya berfungsi untuk memberikan warna oranye khas, tapi juga membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terbentuk oleh beta-karoten pada ubi jalar memiliki manfaat untuk membentuk reseptor pendeteksi cahaya mata. Kurangnya vitamin A dapat menimbulkan xerophthalmia yang dapat berkembang menjadi rabun senja atau bahkan berpotensi merusak kornea mata.

3. Mengendalikan Gula Darah

Ubi jalar menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki skala indeks glikemik yang tergolong rendah. Maksudnya, kecepatan ubi jalar menjadi gula darah tidak terlalu tinggi yang mana berarti baik untuk kesehatan. Selain itu juga, sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan resistensi gula darah terhadap insulin pada penderita diabetes. Tak hanya itu, kandungan serat yang ada pada ubi jalar juga sangat penting untuk mengatasi diabetes. Karena, sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi serat akan memiliki risiko mengalami diabetes tipe 2 lebih rendah.

4. Mencegah Sembelit

Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit atau gangguan pada saluran pencernaan. Untuk mencegah sembelit, ibu hamil bisa mengonsumsi makanan tinggi serat salah satunya yaitu ubi jalar. Dalam satu cangkir ubi diketahui mengandung sekitar 30 gram serat harian yang baik untuk menjaga pencernaan.

5. Kaya Akan Serat

Manfaat ubi jalar kaya akan serat makanan. Satu ubi jalar (130g) menyediakan sekitar 4 gram serat. Serat penting untuk kesehatan pencernaan, mencegah sembelit dan penyakit serius, seperti kanker usus besar. Ubi jalar mengandung dua jenis serat: larut dan tidak larut. Beberapa jenis serat larut yang dikenal sebagai serat kental menyerap air dan melunakkan feses.

6. Mencegah Kekurangan Vitamin A

Manfaat ubi jalar terletak pada kandungan beta-karoten-nya, yang dapat diubah menjadi vitamin A untuk tubuh. Vitamin A tidak hanya berguna untuk mata, tetapi juga berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh. Kekurangan vitamin A berpotensi memicu peradangan pada pencernaan dan memperlambat kerja sistem imun tubuh.

7. Meningkatkan Kesehatan Usus

Serat dan antioksidan dalam ubi jalar bermanfaat untuk kesehatan usus. Ubi jalar mengandung dua jenis serat, yakni serat larut dan serat tidak larut. Pada dasarnya, tubuh tidak dapat mencerna kedua jenis tersebut. Oleh karena itu, serat tetap berada di dalam saluran pencernaan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan terhadap usus. Beberapa jenis serat larut menyerap air dan melunakkan tinja.

Baca Juga : 7 Manfaat Dari Quaker Oat

Related Posts

Manfaat Dari Buah Bacang

7 Manfaat Dari Buah Bacang

7 Manfaat Dari Buah Bacang – Bacang merupakan sejenis pohon buah yang masih sekerabat dengan mangga. Biasanya orang sering menyebut buahnya sebagai bacang atau mangga bacang. Berbagai…

7 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil – Kurma merupakan produk dari pohon palem kurma yang masuk dalam Arecaceae. Pohon kurma merupakan salah satu tanaman tertua yang masih…

7 Manfaat Dari Daun Salam Untuk Kesehataan Tubuh

7 Manfaat Dari Daun Salam Untuk Kesehataan Tubuh

7 Manfaat Dari Daun Salam Untuk Kesehataan Tubuh – Daun salam merupakan tanaman yang memiliki nama ilmiah Eugenia polyantha w. Daun salam banyak digunakan terutama untuk bahan…

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah – Merupakan senyawa kimia asam organik, sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan. Asam cuka memiliki rumus empiris C 2 H4…

Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Manfaat Es Batu Untuk Wajah – adalah bahan yang sering kali kita gunakan untuk berbagai keperluan. Es batu berasal dari air yang melalui proses pembekuan dalam kulkas…

5 Manfaat Yang di Dapatkan Mahluk Hidup Dari Matahari

5 Manfaat Yang di Dapatkan Mahluk Hidup Dari Matahari

5 Manfaat Yang di Dapatkan Mahluk Hidup Dari Matahari – Matahari merupakan sebuah bintang berbentuk bola pijar yang memiliki massa sangat besar dan menjadi pusat tata surya….

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.