Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Investasi merupakan suatu istilah yang sering kita dengar dalam dunia keuangan. Dalam pengertian yang paling umum, investasi adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk menanamkan sejumlah uang dalam suatu aset dengan harapan bahwa aset tersebut akan memberikan keuntungan di masa depan.

Namun, ada banyak definisi mengenai investasi yang dikemukakan oleh para ahli dan praktisi keuangan. Berikut ini adalah beberapa pengertian investasi menurut para ahli:

Pengertian Investasi Menurut
pixabay.com

Pengertian Investasi Menurut Karyanto

Menurut Karyanto, investasi adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan menanamkan dana pada suatu proyek dengan harapan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.

Pengertian Investasi Menurut M.S. Sidik

Menurut M.S. Sidik, investasi adalah suatu proses membeli suatu aset yang diharapkan akan memberikan keuntungan jangka panjang dan memiliki nilai jual yang tinggi di masa depan.

Pengertian Investasi Menurut Suad Husnan

Menurut Suad Husnan, investasi adalah suatu proses mengeluarkan dana pada saat sekarang dengan harapan akan memperoleh tambahan dana di masa yang akan datang.

Pengertian Investasi Menurut Soegeng Soemarto

Menurut Soegeng Soemarto, investasi adalah suatu aktivitas pembelian atau penanaman modal pada suatu aset yang diharapkan memberikan tambahan pendapatan di masa depan.

Pengertian Investasi Menurut Panduan Investasi

Menurut Panduan Investasi, investasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan untuk menanamkan dana pada suatu aset dengan harapan bahwa aset tersebut akan memberikan keuntungan dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi di masa yang akan datang.

Pengertian Investasi Menurut Para Ekonom

Menurut para ekonom, investasi adalah pengeluaran yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh tambahan pendapatan di masa yang akan datang. Investasi ini dilakukan dengan membeli aktiva yang diharapkan dapat menghasilkan keuntungan finansial atau pendapatan pasif.

Pengertian Investasi Menurut Para Praktisi Keuangan

Menurut para praktisi keuangan, investasi adalah penempatan dana dengan tujuan memperoleh tambahan pendapatan atau keuntungan finansial. Investasi ini dilakukan dengan membeli aktiva yang diharapkan dapat menghasilkan tambahan pendapatan, seperti saham, obligasi, atau properti.

Pengertian Investasi Menurut Para Akademisi

Menurut para akademisi, investasi adalah pengeluaran yang dilakukan dengan tujuan memperoleh tambahan pendapatan atau keuntungan finansial. Investasi ini dilakukan dengan membeli aktiva yang diharapkan dapat menghasilkan tambahan pendapatan, seperti saham, obligasi, atau properti.

Pengertian Investasi Menurut Para Ilmuwan

Menurut para ilmuwan, investasi adalah pengeluaran yang dilakukan dengan tujuan memperoleh tambahan pendapatan atau keuntungan finansial. Investasi ini dilakukan dengan membeli aktiva yang diharapkan dapat menghasilkan tambahan pendapatan, seperti saham, obligasi, atau properti.

Pengertian Investasi Menurut Para Pemikir

Menurut para pemikir, investasi adalah pengeluaran yang dilakukan dengan tujuan memperoleh tambahan pendapatan atau keuntungan finansial. Investasi ini dilakukan dengan membeli aktiva yang diharapkan dapat menghasilkan tambahan pendapatan, seperti saham, obligasi, atau properti.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Obat Untuk Batuk Kering

Jenis-Jenis Investasi

Berikut adalah beberapa jenis investasi yang sering dikenal

  1. Investasi Saham: Ini adalah investasi pada perusahaan melalui pembelian saham di bursa efek.
  2. Reksa Dana: Ini adalah investasi yang membantu investor untuk mengelola portofolio mereka dengan membeli unit reksa dana.
  3. Deposito: Ini adalah jenis investasi yang paling mudah dan aman, di mana investor menempatkan uang mereka di bank dan menerima bunga setelah jangka waktu tertentu.
  4. Obligasi: Ini adalah bentuk hutang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah untuk memperoleh dana. Investor yang membeli obligasi akan menerima bunga dan pokok pinjaman pada waktu yang ditentukan.
  5. Real Estate: Ini adalah investasi pada properti, seperti rumah, tanah, atau bangunan komersial.
  6. Logam Mulia: Ini termasuk investasi pada emas, perak, atau platina.
  7. Qryptocurrency: Ini adalah mata uang digital yang diterbitkan dan diterima secara elektronik. Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency yang paling terkenal.
  8. P2P Lending: Ini adalah model investasi di mana investor meminjamkan uangnya secara langsung kepada peminjam tanpa melalui perantara seperti bank.

Kesimpulan

Dari berbagai pengertian investasi yang diterima oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa investasi adalah pengeluaran yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh tambahan pendapatan atau keuntungan finansial. Investasi ini dilakukan dengan membeli aktiva yang diharapkan dapat menghasilkan tambahan pendapatan, seperti saham, obligasi, atau properti.

Namun, meskipun pengertian investasi tersebut sama, setiap orang mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang bagaimana cara terbaik untuk melakukan investasi. Oleh karena itu, setiap orang harus mempelajari dan memahami investasi sebelum melakukan investasi apapun.

FAQ

  • Apa yang dimaksud dengan investasi?
    Investasi adalah pengeluaran yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh tambahan pendapatan atau keuntungan finansial.
  • Bagaimana cara memahami investasi?
    Untuk memahami investasi, setiap orang harus mempelajari dan memahami cara kerja investasi, jenis aktiva yang dapat diinvestasikan, dan risiko yang terkait dengan investasi tersebut.
  • Apa saja jenis aktiva yang dapat diinvestasikan?
    Jenis aktiva yang dapat diinvestasikan antara lain saham, obligasi, properti, reksadana, dan lain-lain.
  • Apa saja risiko yang terkait dengan investasi?
    Risiko yang terkait dengan investasi antara lain risiko pasar, risiko likuiditas, dan risiko credit.
  • Bagaimana cara melakukan investasi yang baik dan benar?
    Untuk melakukan investasi yang baik dan benar, setiap orang harus mempelajari dan memahami cara kerja investasi, jenis aktiva yang dapat diinvestasikan, dan risiko yang terkait dengan investasi tersebut. Selain itu, setiap orang juga harus memiliki tujuan investasi yang jelas dan melakukan diversifikasi investasi untuk mengurangi risiko.

Baca Juga : Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Related Posts

Tinggalkan Balasan