Pengertian Penghijauan Lengkap Berserta Manfaat Dan Contohnya

Penghijauan merupakan sebuah aktivitas pemulihan, pemeliharaan, serta peningkatan kembali kondisi lahan yang rusak (oleh manusia/ataupun alam) agar dapat kembali bermanfaat secara optimal sesuai dengan fungsinya. Peningkatan dari kondisi alam yang tadinya rusak menjadi terpelihara dengan dilakukan penanaman pohon. Bentuk usaha penghijauan umumnya dilakukan sebagai respon terhadap kondisi lingkungan yang memburuk, sehingga perlu dilakukan penanaman kembali guna ‘menghijaukan’ kembali.

Berikut Definisi Penghijauan Menurut Beberapa Ahli

1. Manan (1976)

Penghijauan merupakan sebuah usaha menanami lahan-lahan kritis, dalam segi hidriligis, fikis, teknis maupun sosial ekonomi dengan beberapa jenis tanaman seperti tanaman tahunan dan rerumputan, serta pembutan bangunan bagungan pencegah erosi tanah di areal yang tidak termasuk kedalam area hutan negara.

2. Nazaruddin (1994)

Merupakan usaha pada lingkungan dengan menggunakan tanaman sebagai meteri utama(pokok). Dari beberapa tanaman yang ditanam tersebut nantinya dapat diambil banyak manfaat sehingga penghijauan kota dapat diartikan sebagai suatu usaha dalam menganggulangi berbagai penurunan kualitas lingkungan.

3. Kelvin (2008)

Salah satu kegiatan penting yang harus kita lakukan secara konseptial dalam menangani krises lingkungan. Penghijauan dalam arti luas merupakan segala daya untuk memeluhkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berprodksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tatanan air ataupun sebagai pelindung lingkungan.

4. Penghijauan Yang Diatur Dalam Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Pada Tahun 2021

Merupkaan kegiatan untuk meningkatkan dan memulihkan daya dukung lahan di luar kawasan hutam untuk mengembalikan fungsi lahan. Sedangkan penghijaun lingkungan merupakan penanaman pohon di luar kawasan hutan untuk meningkatkan kualitas lingkungan pada area fasilitas sosial, umum, ruang terbuka hijau, jalur hijau, taman dan pemukiman.

Apa Saja Contoh Dalam Melakukan Penghijauan?

1. Bom Benih

Bom benih atau yang sering disebut seed bombing merupakan salah satu metode penghijauan, dimana benih-benih dimasukkan ke dalam bola-bola kompos yang dibungkus tanah liat. Metode ini sangat cocok digunakan untuk area-area yang sulit untuk dijangkau, misalnya tebing yang curam dan perbukitan.

Penghijauan di area-area sulit bisa dilakukan dengan menyebar bom benih tersebut menggunakan pesawat atau helikopter ke area yang akan dihijaukan. Benih-benih yang disebar memang tidak 100% akan tumbuh semua, banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan benih tersebut. Namun, dengan menggunakan cara ini memudahkan dalam dalam upaya penghijauan di daerah yang sulit dijangkau. Thailand sudah menggunakan cara ini pada 2013 untuk penghijauan di area margasatwa di provinsi Phitsanulok.

2. Green Roof

Polusi udara, peningkatan suhu, hingga bencana banjir marupakan masalah umum daerah perkotaan, itulah mengapa penghijauan di daerah perkotaan sangatlah penting untuk dilakukan.  Namun, keterbatasan lahan di perkotaan menjadi salah satu problem yang sampai saat ini menjadi hambatan utama dalam melakukan penghijauan.

Jumlah bangunan di daerah perkotaan lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah ruang terbuka. Hal ini memunculkan ide-ide kreatif dengan melakukan penghijauan di a atap (roof) sebuah bangunan, atau biasa disebut green roof. Green roof bisa diterapkan di bangunan perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan, apartemen ataupun rumah. Sejumlah kota-kota besar di dunia seperti London, New York, Singapura dan Tokyo adalah pelopor green roof .

3. Vertical Greenery

Vertical greenery dapat diartikan sebagai penghijauan secara vertikal, dimana tanaman ditanam dengan disusun secara vertikal. Konsep  ini cocok untuk penghijauan di daerah perkotaan. Media untuk vertical greenery adalah tembok sehingga sering pula disebut sebagai green wall.

Manfaat dari vertical greenery hampir sama dengan green roof,  yaitu dapat menurunkan suhu udara pada bangunan hingga 10 derajat celcius. Manfaat lainnya yaitu, mampu mengurangi pantulan suara, mengurangi polusi dan debu, dapat membersihkan air yang mengalir melalui dinding, dan meningkatkan keanekaragaman hayati dengan menciptakan habitat untuk burung dan serangga.

Apa Saja Manfaat Dari Penghijauan?

1. Penghijauan merupakan sarana untu melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran.
2. Dengan adanya penghijauan akan menurunkan suhu suatu tempat. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat ligkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri.
3. Adanya penghijauan akan memberikan perlindungan. Pohon-pohon besar akan melindungi kita dari paparan sinar matahari. Dapat juga sebagai peredam suara dan penahan debu. Selain iitu juga dapat melindungi dari angina kencang.
4. Penghijauan dapat mengurangi pencemaran¸ terutama pencemaran Hal itu dikarenakan karbondioksida yang berasal dari kendaraan bermotor dan asap pabrik dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau tersebut. Oleh pohon karbondioksida diubah menjadi oksigen, yang sangat dibutuhkan manusia untuk bernafas.
5. Penghijauan sebagai saran pencegah terjadinya bencana banjir dan erosi tanah. Dengan banyaknya pohon besar dan tinggi, air hujan akan diserap oleh akar tumbuhan. Kemudian air hujan tersebut diubah menjadi air tanah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk lainnya.

Baca Juga : Penerapan Sila Ke Lima Dalam Lingkungan Sekolah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *