Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli – Pengertian Sejarah adalah gambar tentang peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami oleh manusia, disusun secara ilmiyah, meliputi urutan waktu, diberi tafsiran dan analisa kritis, sehingga mudah dimengerti dan dipahami. Sejarah merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan. Semua peristiwa-peristiwa masa lampau yang menjadi inti cerita sejarah itu sungguh-sungguh terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Peristiwa-peristiwa masa lampau menunjukkan proses perjuangan manusia untuk mencapai peri kehidupan kemanusiaan yang lebih sempurna dan sebagai ilmu yang berusaha mewariskan pengetahuan tentang masa lalu suatu masyarakat tertentu.

Manfaat Mempelajari Sejarah

Tuner mendalilkan mengatakan bahwa sejarah adalah politik masa mendatang. Dalam artian msa yang kita ketahui dibagi menjadi tiga bagian yang pertama  masa lalu, yang kedua masa sekarang dan yang ketiga masa mendatang. Dalam sejarah selalu membicaralan dan memahami mengenai masa lalu. Peristiwa masa lalu mengakibatkan keadaan masa kini. Masa lalu dan masa kini memiliki hubungan kausal. Dimana masa lalu sebagai sebab sengankan masa kini sebagai akibat dan masa dengan sebai akibat.

Sejarah dalam kamus besar bahasa indonesia mempunyai tiga makna, makna yang pertama kesusastraan (silsilah atau asal usul) kemudian yang kedua kejadian dan pristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lalu dan yang terakhir ilmu, pengetahuan, cerita, pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Selain itu sejarah juga merupakan suatu terjemahan dari bahasa ingris yaitu history yang membupau arti sejarah. Kemudian secara harfiah terdapat empat pengertian lain dari sejarah yaitu : Yang pertama kata yang menunjukan pada sesuatu yang telah berlalu, atau suatu waktu dan pristiwa. Yang kedua mempunyai makna riwayat dari pengertian pertama, ketiga dengan semua pengetahuan tentanf masa lalu, di dalam hal ini sangat berkaitan dengan duduk persoalan tertentu, pada umumnya dan kshususnya tentang masyarakat tertentu. Yang keempat history adalah ilmu yang berusaha menentukan dan mewariskan pengetahuan.

Sejarah Menurut Para Ahli

1. Mohammad Ali

Merupakan jumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan (kehidupan) sekitar kita atau suatu ilmu yang bertugas untuk menyelidiki tetang perubahan dan sebagainya.

2. Kartodirdjo

Sejarah adalah suatu kontriksi atau bangunan yang disusun oleh sejarawan sebagai cerita atau uraian. Selain itu sejarah menunjukan kepada suatu kejadian dan pristiwa yang dimana pristiwa dan kejadian tersebut sebagai proses dalam aktualitasnya.

3. Kuntowijoyo

Sejarah merupakan renkontruksi masa lalu yang telah terjadi dalam katannya dengan manusia dan tindakan manusia di rekontruksi.

4. Widja

Adalah suatu studi yang telah dialami manusia diwaktu lampau dan telah meninggalkan jejak diwaktu sekarang, di mana tekanan perhatian diletakkan, terutama dalam pada aspek peristiwa sendiri. Dalam hal ini terutama pada hal yang bersifat khusus dan segi-segi urutan perkembangannya yang disusun dalam cerita sejarah

5. Sidi Gazalba

Gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan, yang memberi pengertian tentang apa yang telah berlalu

6. Thomas Carlyle

Sejarah adalah peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi atau riwayat hidup orang-orang terkenal. Namun, tidak semua biografi orang terkenal bisa diartikan sebagai sejarah. Hanya orang-orang yang berperan sebagai penyelamat zamannya yang dapat ditulis sebagai sejarah.

7. Moh Yamin

Menurutnya, sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang tersusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataannya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *