Khasiat Bunga Telang Untuk Kesehatan

Khasiat bunga telang untuk kesehatan – Bunga telang atau Clitoria ternatea adalah tanaman dari famili Fabaceae, pada umumnya bunga ini ada seluruh negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, India, Vietnam dan Sri Lanka. Selain itu bunga telang memiliki penampilan yang menarik dengan warna biru keunguan, kelopak berbentuk corong dan mahkota berbentuk kupu-kupu.

Kamu tidak akan menyangka jika manfaat bunga telang mampu menunjang kesehatan tubuh seseorang. Bunga telang mengandung banyak antioksidan kuat seperti polifenol, tanin, katekin, serta fitonutrien berharga yang berperan dalam peningkatan memori otak, antihiperlipidemia, antihiperglikemik dan analgesik.

Berikut 7 Khasiat Bunga Telang Untuk Kesehatan :

1.Meningkatkan Sistem Saraf

Sistem saraf memiliki peran penting dalam metabolisme dalam seluruh tubuh. Bunga telang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem, sebab bunga telang ada beberapa senyawa yang bagus untuk menunjang hal tersebut. Sebuah penelitian Pharmacology Biotechnology and Behavior mencatat, kandungan yang pada bunga telang memiliki aktivitas nootropik, ansiolitik, antidepresan, antikonvulsan dan antistres. Kandungan tersebut dapat membantu dalam meningkatkan kinerja sistem saraf.

2. Mengurangi Peradangan Dalam Tubuh

Sekitar 51-52 persen dalam bunga telang mengandung asam oleat. Asam oleat sendiri merupakan asam lemak yang biasa ada pada minyak zaitun. Manfaatnya yaitu untuk mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko kanker.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Khasiat bunga telang juga baik untuk rambut karena mengandung anthocyanin, senyawa yang dipercaya untuk meningkatkan sirkulasi darah dan dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Hal ini juga membantu memperkuat folikel rambut dari dalam.

4. Meringankan Gejala Depresi

Di dalam bunga telang ada asam palmitat, yang merupakan senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Asam linoleat sendiri adalah asam lemak omega-3 esensial, yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Manfaatnya melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Nah, asam palmitat tersebut memiliki sifat antioksidan yang berperan sebagai antidepresan alami.

5. Menurunkan Gula Darah

Dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, bunga telang juga banyak mengandung antioksidan sehingga baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

Baca juga : Manfaat dari gerakan khayang

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mempercepat proses penyembuhan luka. Hal tersebut bisa karena ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida. Sedangkan ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Baik diminum maupun dioles, bunga telang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan yang ada dalam bunga telang ungu sudah teruji efektif dalam melawan berbagai bakteri yang merugikan tubuh. Saat flu menjadi ancaman di cuaca yang tidak bersahabat. Selain itu, masalah metabolisme juga bisa dilancarkan dengan bunga telang ini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *