Manfaat Dari Perdagangan Internasional

Manfaat Dari Perdagangan Internasional – Perdagangan internasional adalah perdagangan yang di lakukan oleh penduduk pada suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang di maksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara, atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.

Banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun, dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru di rasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasionalpun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.

Manfaat Dari Perdagangan Internasional :

1. Menaikan Devisa Negara

Manfaat perdagangan internasional adalah sebagai penambah devisa. Bagaimana caranya? Melalui pertukaran perdagangan dengan cara mengimpor maupun mengekspor barang yang ada di dalam ke luar negeri dan begitu pula sebaliknya. Apabila devisa negara meningkat, maka akan menyebabkan beberapa hal ini.

2. Meningkatkan Kemakmuran

Aktivitas perdagangan internasional di nilai akan membawa kemakmuran bagi setiap pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi sendiri terdiri dari produsen, konsumen, dan pemerintah. Dengan perdagangan ini, produsen akan mendapatkan keuntungan yang meningkat dari penjualan berskala global. Konsumen juga akan mendapat keuntungan dengan tidak kesulitan untuk mendapatkan barang atau jasa yang tidak di produksi negaranya. Sementara keuntungan yang di dapat pemerintah adalah sumber pemasukan devisa negara yang meningkat karena nilai ekspor yang kian tinggi.

3. Peningkatan Standar Hidup

Produk impor menciptakan persaingan bagi produsen dalam negeri. Produsen dalam negeri, untuk bersaing dengan produk asing, perlu menjaga harga cukup rendah, meningkatkan kualitas, desain dan kemasan. Dengan membiarkan perdagangan internasional terjadi dengan cara ini, standar hidup semua pelanggan akan meningkat.

4. Peluang Kerja Terbuka Luas

Perdagangan internasional membantu menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan melalui pembangunan industri-industri baru guna memenuhi permintaan produk di berbagai negara.

5. Meningkatkan Kualitas Konsumsi

Ketika penduduk lebih memilih barang luar negeri karena memang belum ada di dalam negeri atau sudah ada dan kualitasnya kurang bagus, ini dapat memicu industri dalam negeri untuk lebih baik dan mampu bersaing untuk kedepannya.

6. Membantu Industrialisasi

Dengan adanya perdagangan internasional, pasar global menjadi sangat kompetitif. Supaya menjadi kompetitif secara internasional dan tetap berada di pasar, bisnis di paksa untuk meningkatkan tingkat industrialisasi dan kemajuan teknologi mereka. Banyak pemerintah mendorong proses industrialisasi perusahaan domestik dengan menawarkan bantuan dalam bentuk hibah yang di berikan untuk mempercepat modernisasi.

7. Memenuhi Kebutuhan di Negara Lain

Kerjasama perdagangan internasional dapat membuat negara lain yang tidak memiliki barang maupun jasa yang di inginkan menjadi terpenuhi. Contohnya, Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang mengolah kedelai menjadi tempe, berbeda dengan negara di Eropa maupun Amerika. Oleh karena itu dengan menjalin kerja sama dengan negara-negara di Eropa maupun Amerika, negara tersebut dapat memenuhi kebutuhan pangan nabatinya, yaitu kedelai yang diolah menjadi tempe. Begitu pula sebaliknya.

Baca Juga :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *