Pengertian Kebugaran Jasmani Lengkap Beserta Unsur dan Manfaatnya

Pengertian Kebugaran Jasmani – Berdasarkan pemikiran para ahli, kebugaran jasmani dapat memiliki arti yang berbeda dari berbagai sundut pandang yang kemudian membuatnya sulit untuk didefinisikan.

Pada dasarnya kebugaran jasmani tergantung pada seberapa bugar seseorang didasarkan pada kemampuan fisik, kesehatan, dan suasana hati mereka.

Oleh karena itu, kebugaran jasmani dapat merujuk pada tingkat fisik keseluruhan atau spesifik antara lain berdasarkan interpretasi ahli.

Secara Umum Pengertian Kebugaran Jasmani

adalah sebuah kemampuan pada diri seseorang untuk dapat menjalankan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah dan tanpa merasakan kesulitan atau kelelahan untuk dapat melakukan kegiatan lain.

Umumnya semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang maka semakin baik dalam kemampuan kerja fisiknya. Kebugaran jasmani merupakan kunci kesehatan dan ketahanan daya tubuh.

Manfaat Kebugaran Jasmani

1. Menjaga Berat Badan

Melalui olah raga merupakan sebuah kegiatan kebugaran jasmani yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Dengan terbakarnya kalori dalam tubuh, maka berat badan kita akan tetap seimbang sembari menjaga pola makan yang sehat dan teratur.

2. Mengurangi LDL dan Menaikan HDL

Dalam penelitian menunjukan bahwa jogging atau berjalan kaki selama 24 sampai 32 kilo meter per minggu dapat menurunkan LDL atau dalam Bahasa Indonesia lemak jahat dan menaikan HDL kadar lemak baik.

3. Mengurangi Stres dan Depresi

Manfaat kebugaran jasmani ternya dapat mepengarusi tingkat stress dan depresi seseorang. Selain itu latihan kebugaran jasmani juga dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang, sehingga sedikit menurunkan tingkat stres dan depresi dihari selanjutnya.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Otot

Olahraga merupakan kegiatan yang berperan penting dalam membangun dan mempertahankan tulang dan otot agar tetap kuat. Hal tersebut karena olahraga membantu melepaskan hormon yang dapat meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap asam amino.

5. Menyehatkan Kulit

Ketika kita melakukan berbagai jenis latihan kebugaran jasmani secara teratur maka akan meningkatak jumlah antioksida dalam tubuh yang membuat kadar stress oksidatif dapat berkurang. Saat kadar oksidatif dalam tubuh tinggi, maka sel-sel kulit akan rusak dan memicu munculnya tanda penuaan dini.

Unsur Kebugaran Jasmani

1. Kekuatan

Kekuatan merupakan kemampuan otot untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan. Bentuk latihan yang cocok untuk mengembangkan kekuatan yaitu dengan latihan tahanan (resistance exercise) di mana kita harus mengangkat, mendorong atau menarik suatu beban.

2. Daya tahan

Adalah kemampuan fisiologis yang kompleks, yang dipisahkan ke dalam kategori-kategori seperti aerob, laktat anaerob, dan alaktik anaerob berdasarkan sifat metabolik. Daya tahan dapat diartikan juga sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan dengan rentang waktu yang panjang, jumlah repetisi yang banyak, dan tempo yang cepat tanpa merasa kelelahan secara berlebihan.

3. Daya Otot

Kemampuan seluruh organisme tubuh untuk mengatasi lelah pada waktu melakukan aktivitas yang menuntut kekuatan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu daya tahan otot ini sangat diperlukan dalam beraktivitas olahraga yang menuntut kinerja otot dalam waktu yang lama.

4. Kelincahan (Agality)

Adalah kemampuan seseorang merubah posisi di Diarea tertentu.

5. Kecepatan (Speed)

Kemampuan seseorang dalam mengerjakan gerakan bersinambungan dengan bentuk yang sama dalam waktu sesingkat singkatnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *