Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil

Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil – Sauropus androgynus atau daun katuk adalah spesies tumbuhan yang banyak terdapat di Asia Tenggara termasuk ke dalam genus sauropus dalam suku phyllanthaceae.

Tanaman katuk terdiri dari dua jenis yaitu, Katuk merah merupakan katuk yang masih banyak dihutan belantara sebagi tanaman hias. Katuk merah ini sangat cocok karena warnanya sangat menarik yaitu hijau kemerahan.

Yang kedua Katuk hijau merupakan katuk yang paling produktif penggunaanya. Katuk hijau banyak digunakan untuk keperluan konsumsi, yaitu sebagai sayuran dan obat-obatan.

Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil :

1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Ketika dalam masa kehamilan, memastikan metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal merupakan salah satu cara paling efektif dalam menjaga kesehatan tubuh. Umumnya, seorang wanita yang sedang mengandung memiliki risiko terganggunya sistem metabolisme tubuh. Dengan mengkonsumsi olahan daun katuk secara rutin, metabolisme ibu hamil bisa tetap terjaga karena adanya vitamin B tinggi.

2. Tingkatkan Produksi ASI

Bisa meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). Kandungan kimia sterol memiliki sifat estrogenik, memberikan efek hormonal yang memicu produksi susu. Volume susu setelah mengonsumsi daun katuk bisa meningkat. Senyawa minyak atsiri (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, B, dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) dipercaya ampuh melembutkan tekstur ASI.

3. Mengatasi Anemia

Organic Motion, ekstrak daun katuk berperan penting dalam meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan, sehingga hal ini dapat menghambat penyakit kronis pembuluh darah. Mengonsumsi daun katuk secara teratur dapat mengatasi masalah anemia.

4. Meningkatkan Energi

Ibu hamil membutuhkan tenaga lebih. Sejumlah wanita akan merasa lemas dan enggan melakukan kegiatan seperti biasa ketika hamil.Daun katuk adalah pilihan tepat untuk dimanfaatkan karena menjadi salah satu sumber yang akan memberikan energi lebih pada para calon ibu dengan kandungan zat besinya. Zat besi akan mampu membentuk energi di dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

5. Membuang Racun Dalam Tubuh

Memiliki fungsi efektif sebagai detoksifikasi. Kandungan klorofil daun katuk yang cukup tinggi dapat membantu membuat jaringan tubuh yang bersih dari racun. Sehingga, diyakini cukup baik dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil maupun ibu yang sedang dalam proses menyusui.

6. Meningkatkan Hormon

Hormon dalam tubuh ibu hamil berguna sebagai salah satu faktor penyebab tumbuh kembang janin meningkat. Selain itu, peningkatan hormon dalam tubuh ibu hamil juga dapat memudahkan saat proses persalinan. Untuk meningkatkan hormon, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi daun katuk sebagai salah satu daun yang bermanfaat sebagai peningkat hormon.

7. Sumber Vitamin A Terbaik

Daun katuk mengandung vitamin A untuk mencegah penyakit mata, terutama bagi ibu hamil. Selain itu, daun katuk juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan janin. Bukan cuma itu, daun katuk juga berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan sel dan menjaga kesehatan reproduksi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *