Manfaat Daun Pecah Beling

Manfaat Daun Pecah Beling – Keji beling atau Strobilanthes crispa, merupakan tanaman yang biasa pada pagar atau pembatas kebun oleh masyarakat Indonesia. Tumbuh berumpun, karena memiliki cabang ranting dan daun yang banyak. Daun pecah beling memiliki permukaan halus dan berbulu. Daun ini mampu memelihara kesehatan dan membantu mengobati berbagai penyakit.

Berikut manfaat daun pecah beling :

1. Melawan Radikal Bebas

Mulai dari polifenol, flavonoid, katekin, alkaloid, dan tanin. Penelitian ini membandingkan daun keji beling yang difermentasi dan yang tidak difermentasi, beberapa jenis daun teh lainnya seperti teh hijau dan teh hitam.

2. Untuk Diabetes

Kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Anda bisa mengonsumsi teh daun keji beling untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Daun yang satu ini juga dapat mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

3. Memiliki Kandungan Antioksidan

Antioksidan dalam daun keji beling lebih tinggi dari vitamin E. Penelitian tersebut menganjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 5 gram ekstrak daun keji beling per hari dalam bentuk teh untuk menambah asupan antioksidan dan nutrisi dalam tubuh. Penelitian pada tahun 2010 ikut menyokong manfaat daun keji beling untuk mencegah radikal bebas dan bahkan tidak menemukan adanya zat beracun dalam daun keji beling.

Baca Juga : Manfaat Sukun Untuk Kesehatan

4. Mengobati Luka

Jus daun keji beling mampu mempercepat penyembuhan luka pada tikus yang normal maupun yang menderita dabetes. Penelitian lain pada tahun 2011 juga menemukan hal yang serupa. Luka pada badan tikus yang dibalur ekstrak daun keji beling tampak lebih cepat sembuh dan bekas lukanya pun tidak selebar normalnya.

5. Menekan Risiko Kanker

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa daun keji beling bisa mencegah pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara. Tidak hanya kanker prostat dan kanker payudara. Penelitian pada tahun 2015 menyatakan bahwa kandungan flavonoid dalam daun keji beling bisa menghentikan perkembangan kanker usus besar pada tikus.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *